Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Lubuk Basung

Oktarini, Yusra (2020) Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_YUSRA_OKTARINI_16016085_2519_2020 SKRIPSI.pdf] Text
final_B1_1_YUSRA_OKTARINI_16016085_2519_2020 SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lubuk Basung sebelum menggunakan model discovery learning. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMPNegeri 3 Lubuk Basung sesudah menggunakan model discovery learning. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lubuk Basung. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lubuk Basung yang terdaftar tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 264 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini ada dua yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lubuk Basung sebelum model discovery learning (X1). Kedua, keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lubuk Basung sesudah model discovery learning (X2). Data penelitian ini adalah skor tes keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lubuk Basung sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks fabel sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks fabel sebelum menggunakan model discovery learning siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lubuk Basung berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan rata rata 64,69. Kedua, keterampilan menulis teks fabel sesudah menggunakan model discovery learning siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lubuk Basung berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 81,46. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis kerja ( ) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan karena thitung>ttabel, yaitu 8,87>1,70. Jadi, dapat dikatakan bahwa H1 diterima. Hal itu berarti terdapat pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lubuk Basung. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lubuk Basung sesudah menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih baik dibandingkan dengan nilai keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lubuk Basung sebelum menggunakan model discovery learning. Dengan demikian, model discovery learning dapat diterapkan dalam pembelajaran keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lubuk Basung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis; teks fabel
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 26 Nov 2025 02:18
Last Modified: 26 Nov 2025 02:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30480

Actions (login required)

View Item
View Item