Yenmarlinda, Yenmarlinda (2011) Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa dalam Teks Procedure Melalui Video Berdasarkan Kegiatan Oral pada Siswa Jurusan Otomotif Kelas XI B SMK N 1 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_2_YENMALINDA_11146_3852_2012.pdf
Download (193kB)
Abstract
Salah satu keahlian dalam bahasa adalah berbicara. Berbicara mempunyai peran penting dalam komunikasi. Akan tetapi, sebagian besar siswa jurusan otomotif kelas XI B pada SMK N 1 Padang mempunyai kemampuan yang rendah dalam berbicara. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah video bedasarkan kegiatan oral dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam teks procedure pada siswa jurusan otomotif kelas XI B SMKN 1 Padang dan mengidentifikasi faktor apa saja yang mempengaruhi peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui video ini. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam pelaksanaannya peneliti dibantu oleh seorang kolaborator dalam membuat perencanaan, penerapan, pengamatan dan membuat refleksi. Selain itu, penelitian menggunakan tes bebicara dalam teks procedure, lembaran observasi, catatan lapangan dan wawancara sebagai instrument peneltian. Data dalam penelitian ini di analisis melalui dua teknik. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan rumus persentase untuk mencari nilai rata rata sehingga diketahui nilai rata rata yang dicapai siswa melalui tes berbicara dalam teks procedure. Sementara data kualitatif dianalisis melalui data yang diperoleh dari observasi , catatan lapangan dan wawancara yang dilakukan terhadap beberapa siswa. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukan bawa keterampilan berbicara siswa dalam teks procedure meningkat melalui kegiatan oral yang dilakukan dengan video. Pada siklus pertama ditemukan skor rata rata keterampilan berbicara siswa 57.27. Karena hasilnya belum memuaskan, maka penelitian dilanjutkan ke siklus kedua. Beberapa perbaikan pada proses belajar mengajar dilaksanakan untuk mengatasi kelemahan yang ditemukan pada siklus pertama. Pada siklus kedua skor rata-rata keterampilan siswa meningkat jauh lebih baik menjadi 70.25. Peningkatan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni media, aktivitas dalam kelas, materi, pengelolaan kelas dan pendekatan guru. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan video yang berdasarkan kegiatan oral mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam teks procedure dengan baik pada siswa jurusan otomotif kelas XI B SMK N 1 Padang.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Dalam Teks Procedure Melalui Video Berdasarkan Kegiatan Oral Pada Siswa Jurusan Otomotif |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 01:51 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 01:51 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30428 |
