Rismon, Rismon (2010) Peningkatkan Keterampilan Menulis Artikel melalui Peta Pikiran bagi Siswa Kelas XII I.A 1 SMA Negeri 9 Sijunjung. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_2_RISMON_81114_3488_2012.pdf
Download (89kB)
Abstract
Penelitian ini difokuskan pada masalah peningkatan keterampilan menulis artikel dengan menggunakan peta pikiran. Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan peningkatan keterampilan siswa dalam menulis artikel dengan menggunakan peta pikiran. Di samping itu, juga untuk melihat efektivitas penggunaan peta pikiran dalam menulis artikel. Data penelitian ini dikumpulkan melalui pengamatan (obsevasi) dan tes keterampilan menulis artikel. Pengamatan dilakukan ketika berlangsungnya pembelajaran dengan berpedoman kepada lembaran pengamatan. Penulis mengamati proses pelaksanaan pembelajaran setiap siklus. Aspek yang diamati berkenaan dengan penggunaan bentuk-bentuk tindakan guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Tes menulis artikel digunakan untuk mengukur sejauh mana perkembangan keterampilan siswa menulis artikel setiap akhir siklus. Kriteria yang digunakan untuk menilai tulisan siswa: isi, struktur kalimat, koherensi kalimat, ejaan dan tanda baca, diksi, keaktualan, faktual, dan ide. Berdasarkan hasil penelitian, keterampilan siswa kelas XII. IA1 SMA Negeri 9 Sijunjung dalam menulis artikel meningkat melalui peta pikiran. Hal ini dapat dilihat pada perolehan nilai setiap siklus terus mengalami peningkatan. Selain itu, melalui peta pikiran aktivitas dan kreativitas siswa juga meningkat. Hal ini dapat dilihat dari penurunan aktivitas negatif dan meningkatnya aktivitas positif pada setiap siklus.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Peningkatkan Keterampilan Menulis Artikel, Peta Pikiran |
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 01:48 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 01:48 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30421 |
