Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IX Dahran Smp Perguruan Islam Ar Risalah Padang Menggunakan Teknik Observasi Lingkungan

Usman, Ali (2012) Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IX Dahran Smp Perguruan Islam Ar Risalah Padang Menggunakan Teknik Observasi Lingkungan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negri Padang.

[thumbnail of final_2_ALI_USMAN_19190_6832_2012.pdf] Text
final_2_ALI_USMAN_19190_6832_2012.pdf

Download (411kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya keterampilan berbicara siswa dalam melaporkan secara lisan berbagai peristiwa/informasi dengan kalimat yang jelas. Hal ini terlihat pada nilai harian siswa yang berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sehingga pembelajaran berbicara dalam melaporkan berbagai peristiwa/informasi belum berjalan sebagaimana yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas IX Dahran SMP Perguruan Islam Ar Risalah Padang dalam melaporkan berbagai peristiwa/informasi dengan menggunakan teknik observasi lingkungan dan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya peningkatan keterampilan berbicara tersebut. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX Dahran SMP Perguruan Islam Ar Risalah Padang yang berjumlah 27 orang. Pemilihan subjek penelitian didasarkan pada proses pelaksanaan dan teknik pembelajaran yang kurang menarik bagi siswa dan hasil tes unjuk kerja keterampilan berbicara yang lebih rendah dibanding kelas lain. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang didukung oleh pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, di mulai pada bulan November sampai dengan Desember 2011. Selama penelitian, peneliti berkolaborasi dengan dua orang guru bahasa Indonesia. Data penelitian diperoleh dalam bentuk data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Data kuantitatif diperoleh melalui tes unjuk kerja keterampilan berbicara siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan berbicara siswa meningkat dengan menggunakan teknik observasi lingkungan. Peningkatan tersebut terlihat pada hasil tes unjuk kerja keterampilan bebicara pada siklus I dengan rata-rata 63,1 dan siklus II dengan nilai rata-rata 74,1. Berdasarkan temuan dapat disimpulkan bahwa (1) penggunaan teknik observasi lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas IX Dahran SMP Perguruan Islam Ar Risalah Padang dalam melaporkan berbagai peristiwa/informasi, (2) ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya peningkatan tersebut, diantaranya (a) tindakan guru dalam merencanakan pembelajaran dengan teknik observasi lingkungan, (b) kreativitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran dengan teknik observasi lingkungan dan media slide power point yang menarik, (c) pengelolaan kelas dengan pendekatan kontekstual dengan gaya trainer yang menyenangkan dan interaktif, dan (d) menciptakan suasana pembelajaran yang santai tapi serius dengan adanya kontrak belajar dan menghadirkan kondisi siswa untuk bersemangat dan memotivasi diri dalam belajar sehingga kelas menjadi hidup dan aktif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IX Dahran SMP Perguruan Islam Ar Risalah Padang Menggunakan Teknik Observasi Lingkungan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 26 Nov 2025 01:46
Last Modified: 26 Nov 2025 01:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30413

Actions (login required)

View Item
View Item