Afriyeni, Yeni (2014) Peningkatan Pemahaman Membaca Siswa dengan Menggunakan Intensive Reading Technique pada Kelas V D SD 6 Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_2_YENI_AFRIYENI_1109790_845_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pemahaman membaca siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris di SD 6 Pekanbaru belum memuaskan. Metode dan strategi pembelajaran yang digunakan selama ini belum dapat meningkatkan hasil membaca siswa. Untuk itu dilakukan upaya meningkatkan pemahaman membaca dengan menggunakan Intensive Reading Technique. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) apakah Intensive Reading Technique dapat meningkatkan hasil pemhaman membaca siswa, 2) Faktor apa sajakah yang meningkatkan pemahaman membaca siswa dengan menggunakan Intensive Reading Technique Kelas 5 D SD 6 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Subjek penelitian adalah siswa kelas V D SD 6 Pekanbaru. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus, yang mana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian berupa hasil test, lembar observasi, dan wawancara. Data dianalisis dengan statistik deskriptif untuk melihat hasil pemahaman membaca siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Intensive Reading Technique dapat meningkatkan pemahaman membaca pada tiap indikatornya. Selanjutnya terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari 67 pada pre-test, 72 pada siklus 1, dan 79 pada siklus 2. Ada 3 faktor yang mempengaruhi hasil pemahaman membaca siswa: strategi pembelajaran, materi, dan evaluasi tes.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Pemahaman Membaca,Menggunakan Intensive Reading Technique |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 01:46 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 01:46 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30412 |
