Peningkatan Pemahaman Membaca Siswa dengan Menggunakan Intensive Reading Technique pada Kelas V D SD 6 Pekanbaru

Afriyeni, Yeni (2014) Peningkatan Pemahaman Membaca Siswa dengan Menggunakan Intensive Reading Technique pada Kelas V D SD 6 Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_YENI_AFRIYENI_1109790_845_2014.pdf] Text
final_2_YENI_AFRIYENI_1109790_845_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemahaman membaca siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris di SD 6 Pekanbaru belum memuaskan. Metode dan strategi pembelajaran yang digunakan selama ini belum dapat meningkatkan hasil membaca siswa. Untuk itu dilakukan upaya meningkatkan pemahaman membaca dengan menggunakan Intensive Reading Technique. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) apakah Intensive Reading Technique dapat meningkatkan hasil pemhaman membaca siswa, 2) Faktor apa sajakah yang meningkatkan pemahaman membaca siswa dengan menggunakan Intensive Reading Technique Kelas 5 D SD 6 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Subjek penelitian adalah siswa kelas V D SD 6 Pekanbaru. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus, yang mana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian berupa hasil test, lembar observasi, dan wawancara. Data dianalisis dengan statistik deskriptif untuk melihat hasil pemahaman membaca siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Intensive Reading Technique dapat meningkatkan pemahaman membaca pada tiap indikatornya. Selanjutnya terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari 67 pada pre-test, 72 pada siklus 1, dan 79 pada siklus 2. Ada 3 faktor yang mempengaruhi hasil pemahaman membaca siswa: strategi pembelajaran, materi, dan evaluasi tes.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Pemahaman Membaca,Menggunakan Intensive Reading Technique
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 26 Nov 2025 01:46
Last Modified: 26 Nov 2025 01:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30412

Actions (login required)

View Item
View Item