Abukari, Abukari (2011) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Pokok Lingkaran melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) di Kelas VIII A SMPN 3 Tambamg. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_ABUKARI_82282_2971_2012.pdf
Download (222kB)
Abstract
Penelitian tindakan ini dilaksanakan di SMP N 3 Tambang yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI), yang dilaksanakan pada semester 2 tahun pelajaran 2010/2011, di kelas VIII A SMPN 3 Tambang. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat langkah penelitian yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Untuk mengamati hasil tindakan digunakan intrumen yaitu; lembar observasi, catatan lapangan, tes hasil belajar dan dokumentasi. Analisis pelaksanaan tindakan Siklus I, II dan III menunjukan bahwa aktivitas dan hasil belajar matematika siswa meningkat dan sudah berada pada kategori berhasil. Untuk aktivitas belajar siswa telah sesuai dengan harapan yaitu di atas 60 %, dan hasil belajar matematika siswa meningkat dari 44,44 % pada Siklus I menjadi 97,22 % pada Siklus III. Secara umum dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran TAI di kelas VIII A SMPN 3 Tambang.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Penelitian Tindakan Kelas, Team Assisted Individualization |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 01:45 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 01:45 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30410 |
