”Kontribusi Minat Baca Cerpen dan Kemampuan Memahami Cerpen terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Padang

Yulisna, Risa (2013) ”Kontribusi Minat Baca Cerpen dan Kemampuan Memahami Cerpen terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_RISA_YULISNA_1103825_3938_2013.pdf] Text
final_2_RISA_YULISNA_1103825_3938_2013.pdf

Download (463kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh limahal sebagai berikut. Pertama, siswa tidak menyukai kegiatan menulis. Kedua, siswa memiliki kemampuan yang rendah dalam menulis karya sastra termasuk cerpen.Ketiga, siswa jarang membaca karya sastra termasuk karya sastra cerpen. Keempat,kemampuan memahami bacaan siswa masih rendah. Kelima, kemampuan memahami cerpen siswa rendah. Siswa mengalami kesulitan dalam menentukan dan memahami unsur-unsur cerpen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat baca cerpen dan kemampuan memahami cerpen siswa kelas X SMA Negeri 4 Padang dan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 4 Padang, serta kontribusi minat baca cerpen dan kemampuan memahami cerpen terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 4 Padang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Padang dengan sampel berjumlah 76 orang. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui angket, tes objektif dan tes unjuk kerja. Angket digunakan untuk mengumpulkan data minat baca cerpen siswa. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data memahami cerpen sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan menulis cerpen. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa ketiga hipotesis penelitian ini diterima. Dengan kata lain, penguasaan minat baca dan kemampuan memahami cerpen, baik secata terpisah maupun secara bersama-sama berkontribusi terhadap kemampuan menulis cerpen siswa. Maksudnya, semakin tinggi minat baca dan kemampuan memahami bacaan siswa, maka semakin baik keterampilan menulis siswa. Sebaliknya, semakin rendah minat baca dan kemampuan memahami bacaan siswa, maka semakin buruk pula keterampilan menulis siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi Minat Baca Cerpen, Kemampuan Memahami Cerpen, Keterampilan Menulis Cerpen
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 26 Nov 2025 01:44
Last Modified: 26 Nov 2025 01:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30405

Actions (login required)

View Item
View Item