Syahraini, Elvi (2014) Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Melalui Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 4 Tambang Kabupaten Kampar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_2_ELVI_SYAHRAINI_1109797_3528_2014.pdf
Download (3MB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan awal di lapangan, keterampilan menulis teks berita siswa SMP Negeri 4 Tambang kabupaten Kampar masih rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurang tepatnya pendekatan pembelajaran. Pendekatan yang digunakan oleh guru masih berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan sehingga ceramah menjadi pilihan utama dalam pembelajaran tersebut. Faktor lain yang berasal dari siswa adalah kurangnya motivasi untuk menulis teks berita karena ada anggapan bahwa menulis teks berita adalah kegiatan yang sulit. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis berita siswa dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIII H SMPN 4 Tambang Kabupaten Kampar yang berjumlah 38 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang didukung oleh pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang dimulai sejak bulan Januari sampai Februari 2014. Setelah melakukan penelitian hasilnya adalah keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII H SMP Negeri 4 Tambang Kabupaten Kampar meningkat. Proses peningkatan keterampilan menulis teks berita adalah yakni, (1) pelatihan menulis teks berita secara terus menerus, (2) pemberian model teks berita pada siswa, (3) penggunaan pendekatan pembelajaran, dan (4) pelaksanaan observasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil menulis berita siswa. Pendekatan tersebut terlihat pada hasil siklus tes I dengan rata-rata kelas 71,4 dan siklus II 82,5. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya menggunakan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dalam kegiatan menulis teks berita aagar siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan berlatih menulis khususnya teks berita. Saran yang ditujukan kepada peneliti lain adalah agar melaksanakan penelitian lanjutan dar penelitian ini dengan aspek yang lain, untuk khasanah ilmu bahasa.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Melalui Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 4 Tambang Kabupaten Kampar |
| Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 01:43 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 01:43 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30402 |
