Memperbaiki Pemahaman Bacaan Naskah ESP Mahasiswa Kebidanan Melalui Bahasa dan Isi Bahasanya atau informasinya (Real and Carrier Contents) di STIKes Dharma Landbouw Padang.

Jamari, Jamari (2019) Memperbaiki Pemahaman Bacaan Naskah ESP Mahasiswa Kebidanan Melalui Bahasa dan Isi Bahasanya atau informasinya (Real and Carrier Contents) di STIKes Dharma Landbouw Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_02_JAMARIS_70226_2221_2020.pdf] Text
final_02_JAMARIS_70226_2221_2020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mahasiswa Kebidanan mengalami kesulitan dalam memahami naskah bacaan ESP, karena para mahasiswa tersebut masih bermasalah menetukan beberapa informasi dalam naskah bacaan tersebut.Hal ini disebabkan oleh rendahnya naskah bacaan yang sinkron yang di berikan dosen bahasa Inggris pada mahasiswa kebidanan sehingga naskah tersebut begitu umum dan permasalahannya dapat di lihat dari hasil pre tes yang dilakukan masih rendah nilainya. Penelitian ini bertujuan (1) Seberapa jauh bahasa/naskah dan isi bahasanya yang berupa informasi/input mendukung perbaikan pemahaman bacaan mahasiswa kebidanan naskah ESP pada jurusan Kebidanan STIKes Dharma Landbouwdan(2)Menggambarkan dan menerangkan factor factor apa yang mempengaruhi perbaikan pemahaman bacaan mahasiswa kebidanan naskah ESP pada jurusan Kebidanan STIKes Dharma Landbouw Padang Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, sedangkan partisipasinya terdiri dari mahasiswa kebidanan semester dua dimana yang aktif sebanyak 49dari 49 mahasiswa yang terdaftar,sedangkan yang di hitung dalam penilaian 38 mahasiswa karena absensi. Instrument penelitian ini berupa tes pemahaan bacaan naskah ESP yang bertujuan mengetahui kemampuan bacaannya,daftar pemeriksaan observasi yang bertujuan mendapatkan informasi yang berkaitan dengan kegiatan dosen dan mahasiswa kebidanan dalam proses pembelajaran, catatan kecil bertujuan mendapatkan beberapa cacatan peristiwa yang terjadi selamapembelajaran, dan interview yang bertujuan untuk mendapatkan opini perspektif mahasiswa kebidanan dalam kelas. Ada dua penemuan utama dalam penelitian ini (1)Bahasa dan isi bahasa(Real and Carrier Contents) yang berupa input atau informasi mendukung perbaikan pemahaman bacaan mahasiswa kebidanan naskah ESP,(2) Beberapa factors yang mampu membuat perubahan pada mahasiswa kebidanan dalam berpartisipasi aktivitas pembelajaran secara individu dan berkelompok. Dapat di implikasikan bahwa cara/teknik pembeljaran bisa di lakukan pemahaman bacaan naskah ESP.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Real and Carrier Contents Analysis Real and Carrier Contents Analysis Real and Carrier Contents Analysis Real and Carrier Contents Analysis Real and Carrier Contents Analysis Real and Carrier Contents Analysis Real and Carrier Contents Analysis Midwifery Reading, ESP Text, Real and Carrier Contents
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 26 Nov 2025 01:43
Last Modified: 26 Nov 2025 01:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30400

Actions (login required)

View Item
View Item