An Analysis of IRF (Initiation-Response-Feedback) in Interaction Between Teacher and Students in English Class at SMA Negeri 2 Padang Panjang

Rahmi, Annisa (2018) An Analysis of IRF (Initiation-Response-Feedback) in Interaction Between Teacher and Students in English Class at SMA Negeri 2 Padang Panjang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_ANNISA_RAHMI_1300946_4977_2018.pdf] Text
final_3_ANNISA_RAHMI_1300946_4977_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena interaksi pembelajaran Bahasa Inggris yang berbasis kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisa pola IRF yang terlihat dalam interaksi antara siswa dan guru di SMA Negeri 2 Padang Panjang. Tipe-tipe pertanyaan yang digunakan guru, tipe-tipe respon siswa terhadap pertanyaan guru, tipe-tipe umpan balik guru dalam meresponse siswa. Berbagai teori jenis pertanyaan yang digunakan oleh guru didalam kelas, teori mengenai jenis respon siswa didalam kelas dan teori tentang bermacam umpan balik yang digunakan guru didalam kelas dijadikan landasan untuk menjawab ketiga pertanyaan tersebut. Hasil analisa menunjukkan bahwa, 1) terdapat lima tipe pertanyaan yang sering digunakan guru dalam bertanya pada siswa yaitu referential question, display question, convergent question, dan divergent question, 2) terdapat empat tipe respon yang digunakan siswa yaitu open-ended or student initiated, spesific respon, silence, dan similar students respon, 3) terdapat lima tipe umpan balik yang digunakan guru yaitu repeating, acknowledging a correct answer, indicating an incorrect answer dan summarizing. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan pada dua kelas dengan dua orang guru dan masing-masing kelas memiliki 36 siswa. Berdasarkan analisa IRF dapat disimpulkan bahwa antara inisiasi guru dan respon siswa saling mendominasi namun respon siswa dengan jenis student initiation frekuensinya masih sangat rendah. Alasan terjadinya hal tersebut adalah karena guru banyak melakukan inisiasi dengan bertanya kepada siswa, secara otomatis siswa menjadi passif dan hanya sedikit yang mengemukakan ide atau gagasan mereka. Sehingga tujuan dari proses pembelajaran yang berdasarkan kurikulum 2013 kurang tercapai dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Classroom discourse, interaction, IRF, curriculum 2013.
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 26 Nov 2025 01:41
Last Modified: 26 Nov 2025 01:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30396

Actions (login required)

View Item
View Item