Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pecahan Sederhana pada Pembelajaran Matematika Melalui Media Kepingan CD (Compact Disk) bagi Anak Kesulitan Belajar: Single Subject Research di Kelas III/2 SDN 05 Kapalo Koto Padang

Anwar, Cici (2012) Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pecahan Sederhana pada Pembelajaran Matematika Melalui Media Kepingan CD (Compact Disk) bagi Anak Kesulitan Belajar: Single Subject Research di Kelas III/2 SDN 05 Kapalo Koto Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_02_CICA_ANWAR_01150_4382_2012.pdf] Text
final_B1_02_CICA_ANWAR_01150_4382_2012.pdf

Download (800kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari hasil asesmen yang peneliti laksanakan di SDN 05 Kapalo Koto Padang, terdapat seorang anak laki-laki berumur 9 tahun dengan inisial X yang belum bisa mengenal konsep pecahan , secara optimal, dimana anak mengalami kesulitan dalam menyebutkan pecahan, menunjukkan pecahan, dan mencocokkan pecahan dengan lambang bilagan. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pecahan Sederhana Pada Pembelajaran Matematika Melalui Media Kepingan CD(Compact Disk). Jenis penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research dengan desain A-B dan dengan desain baseline jamak antar variabel yang bertujuan untuk membuktikan apakah media kepingan CD (compact disk ) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pecahan bagi anak kesulitan belajar. Jenis ukuran target behaviornya adalah frekuensi dengan menghitung jumlah jawaban yang benar oleh anak. sedangkan data dianalisis menggunakan analisis visual data grafik yang terdiri dari dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil analisis data dalam kondisi dan hasil data antar kondisi terlihat bahwa sebelum diberikan perlakuan menggunakan Media kepingan CD (Compact Disk ) pada kondisi baseline, kemampuan anak dalam menyebutkan pecahan adalah pada hari kedua baseline menyebutkan anak menjawab 2 buah pecahan yaitu dengan skor 4. Kemampuan anak dalam menunjukkan pecahan adalah pada hari ketiga baseline menunjukkan anak menjawab 2 buah pecahan yaitu dengan skor 4. kemampuan anak dalam mencocokkan pecahan dengan lambang bilangan adalah pada hari kedua baseline mencocokkan pecahan dengan lambang bilangan anak menjawab 2 buah pecahan yaitu dengan skor 4. Kemampuan anak kesulitan belajar masih rendah, setelah diberi perlakuan kemampuan anak dalam menyebutkan pecahan adalah pada hari ketigabelas sampai keenambelas intervensi menyebutkan anak menjawab 5 buah pecahan yaitu dengan skor 10. Kemampuan anak dalam menunjukkan pecahan adalah pada hari kesebelas sampai keenambelas intervensi menunjukkan anak menjawab 5 buah pecahan yaitu dengan skor 10. kemampuan anak dalam mencocokkan pecahan dengan lambang bilangan adalah pada hari keduabelas sampai keenambelas intervensi mencocokkan pecahan dengan lambang bilangan anak menjawab 5 buah pecahan yaitu dengan skor 10. Kemampuan anak kesulitan belajar meningkat. Hal ini membuktikan Media kepingan CD (Compact Disk ) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pecahan bagi anak kesulitan belajar. Untuk itu guru hendaknya memakai media kepingan CD (Compact Disk ) ini dalam proses belajar mengajar (PBM) bagi anak kesulitan belajar di SDN 05 Kapalo Koto Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 26 Nov 2025 01:40
Last Modified: 26 Nov 2025 01:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30394

Actions (login required)

View Item
View Item