Hubungan Antara Kecerdasan Emosianal dengan Prestasi Belajar pada Anak Berkesulitan Belajar Kelas Tinggi SD/MI Penyelenggara Pendidikan Inklusi Kecamatan Pauh Padang

Masita, Dessy (2017) Hubungan Antara Kecerdasan Emosianal dengan Prestasi Belajar pada Anak Berkesulitan Belajar Kelas Tinggi SD/MI Penyelenggara Pendidikan Inklusi Kecamatan Pauh Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_02_DESSY_MASITA_1200352_3601_2017.pdf] Text
final_B1_02_DESSY_MASITA_1200352_3601_2017.pdf

Download (936kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai kecerdasan emosional yang tak kalah pentingnya dalam meningkatkan prestasi belajar siswa karena kecerdasan emosional merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pada anak kesulitan belajar. Jenis penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 44 siswa kelas tinggi di SD Penyelenggara Pendidikan Inklusi Kecamatan Pauh Padang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner berupa angket dengan empat pilihan jawaban, data di analisis dengan uji Product Moment. Hasil analisis yang didapatkan menunjukkan tidak terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pada anak kesulitan belajar sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan nilai < (0,2 < 0,304) sehingga memenuhi syarat hipotesis ditolak. Dengan kata lain tidak ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar anak berkesulitan belajar.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Emosional; prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 26 Nov 2025 01:39
Last Modified: 26 Nov 2025 01:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30391

Actions (login required)

View Item
View Item