Pebrian, Yosef (2014) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_YOSEF_PEBRIAN_57853_4320_2014.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk. Pertama, mendeskripsikan keterampilan siswa kelas X SMA Negeri 2 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman dalam menulis teks eksposisi sebelum diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions). Kedua, mendeskripsikan keterampilan siswa kelas X SMA Negeri 2 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman dalam menulis teks eksposisi setelah diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode metode eksperimen satu kelas dan desain penelitian One Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2013—2014. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik (purposive sampling). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini ada dua instrumen yaitu tes dan nontes. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X sebelum diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan setelah diberi pelakuan menggunakann model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Berdasarkan hasil analisis data, dan pembahasan dapat disimpulkan hal-hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman sebelum menggunakan model STAD berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 56,11. Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman setelah menggunakan model STAD berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 75,97. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, disimpulkan bahwa hipotesis alternatif diterima pada taraf signifikansi 0,05 dan dk= n1+n2-2, karena thitung > ttabel (4.02 1,70). Dengan kata lain penggunaan model STAD model berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Keterampilan menulis |
| Subjects: | P Language and Literature > PG Slavic, Baltic, Albanian languages and literature |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 01:38 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 01:38 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30388 |
