Meningkatkan Pemahaman Membaca Teks Narasi dengan Mengaktifkan Latar Belakang Pengetahuan di Grade VIII.4 pada SMP 29 Padang

Yasni, Yasni (2016) Meningkatkan Pemahaman Membaca Teks Narasi dengan Mengaktifkan Latar Belakang Pengetahuan di Grade VIII.4 pada SMP 29 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_YASNI_1209463_3517_2016.pdf] Text
final_2_YASNI_1209463_3517_2016.pdf

Download (767kB)

Abstract

Pemahaman membaca merupakan salah satu aspek penting yang harus dikuasai oleh siswa dalam mempelajari Bahasa Inggris. Berdasarkan pengalaman dan pengamatan peneliti, kemampuan membaca pemahaman teks-teks narasi siswa masih rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya siswa kurang mempunyai pengetahuan tentang strategi membaca, sehingga sulit untuk menemukan informasi atau memahami ide dari teks yang dibaca Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan seberapa jauh pengaktifan latar belakang pengetahuan dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa grade VIII.4 pada SMP 29 Padang melalui penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Dalam melaksanakan penelitian, peneliti dibantu oleh seorang kolaborator dan menggunakan tes pemahaman membaca teks narasi, lembaran observasi, catatan lapangan, dan interview sebagai alat penelitian. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat setelah latar belakang pengetahuan mereka diaktifkan. Pada pra siklus nilai rata rata kemampuan siswa yaitu 73, setelah dilakukan siklus I maka nilai rata-rata kemampuan siswa meningkat menjadi 75,76. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 77,97. Peningkatan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu kesenangan dalam membaca teks narasi, suasana belajar mengajar, serta media pembelajaran. Berdasarkan data yang didapat dari penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan mengaktifkan latar belakang pengetahuan dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks narasi siswa pada SMP 29 Padang.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Pemahaman Membaca Teks Narasi Dengan Mengaktifkan Latar Belakang Pengetahuan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 26 Nov 2025 01:38
Last Modified: 26 Nov 2025 01:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30387

Actions (login required)

View Item
View Item