Pengaruh Penggunaan Multimedia terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII di SMP N 2 Ampek Angkek

Yoannita, Yana (2016) Pengaruh Penggunaan Multimedia terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII di SMP N 2 Ampek Angkek. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_YANA_YOANITA_1205875_5927_2016.pdf] Text
final_B1_1_YANA_YOANITA_1205875_5927_2016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh hasil belajar siswa dengan Multimedia dan tanpa menggunakan Multimedia pada mata pelajaran IPS di kelas VII SMP 2 Ampek Angkek. Hipotesis kerja (H1) yang dikemukakan adalah “terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara menggunakan Multimedia dengan tanpa media pada mata pelajaran IPS di kelas VII SMP 2 Ampek Angkek.” Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperimen, dengan melaksanakan pembelajaran menggunakan multimedia pada kelas eksperimen dan pembelajaran tanpa media pada kelas kontrol. Populasi adalah siswa kelas VII SMP 2 Ampek Angkek yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel secara purposive sampling. Alat pengumpul data penelitian adalah tes. Kemudian data di analisis dengan uji-t yang sebelumnya di uji normalitas sampel menggunakan uji Liliefors dan uji homonitas menggunakan uji BarlettHipotesis penelitian diuji dengan uji beda dua rata-rata (uji t) pada taraf nyata 0,01. Penelitian ini menemukan bahwa hasil belajar pada kelas eksperimen memiliki rata-rata 79,8 dan kelas kontrol 73,5.Dari hasil pengujian kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh bahwa harga thitung sebesar 10 dan ttabel sebesar 1,6706 . Terlihat bahwa thitung berada diluar daerah penerimaan H0. Jadi, hipotesis kerja (H1) dapat diterima pada taraf nyata 0,01. Ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan multimedia di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar tanpa menggunakan multimedia di kelas kontrol. Dengan kata lain, penggunaan multimedia memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 2 Ampek Angkek.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Multimedia Hasil Belajar IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 26 Nov 2025 01:37
Last Modified: 26 Nov 2025 01:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30385

Actions (login required)

View Item
View Item