Hubungan Kemampuan Memahami Puisi dengan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Padang

Febriani, Yana (2014) Hubungan Kemampuan Memahami Puisi dengan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_YANA_FEBRIANI_54432_4186_2014.pdf] Text
final_B1_1_YANA_FEBRIANI_54432_4186_2014.pdf

Download (631kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hubungan kemampuan memahami puisi dengan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Padang. Sampel penelitian ini terdiri dari 32 orang yang diambil dengan Teknic Proportional random sampling. Data penelitian ini adalah skor tes kemampuan memahami puisi dan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Padang. Hasil tes tersebut dibandingkan dengan menggunakan rumus t untuk mengetahui valid atau tidaknya hubungan antara kemampuan memahami puisi dengan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Padang. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, kemampuan memahami puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup 67,09. Kedua, keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan memahami puisi dengan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Padang karena nilai (6,12) lebih besar dari (1,70) pada derajat kebebasan n-1 (32-2=30) dan taraf sidnifikan 95%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa siswa yang memperoleh nilai kemampuan memahami puisi tinggi, juga memperoleh keterampilan menulis yang tinggi. Sebaliknya, jika siswa memperoleh nilai kemampuan memahami puisi rendah, juga memperoleh keterampilan menulis puisi yang rendah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Memahami Keterampilan Menulis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 26 Nov 2025 01:30
Last Modified: 26 Nov 2025 01:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30364

Actions (login required)

View Item
View Item