The Analysis of Students’ Learning Style Preferred by Basic Listening Classes of English Department at Universitas Negeri Padang

Primurizki, Juliance (2020) The Analysis of Students’ Learning Style Preferred by Basic Listening Classes of English Department at Universitas Negeri Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_02_JULIANCE_PRIMURIZKI_16018017_2896_2020.pdf] Text
final_02_JULIANCE_PRIMURIZKI_16018017_2896_2020.pdf

Download (527kB)

Abstract

Variasi siswa dalam memperoleh dan memahami pengetahuan dipengaruhi oleh gaya belajar. Namun berdasarkan observasi, siswa kurang mengetahui preferensi mereka sendiri dalam gaya belajar. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis gaya belajar yang disukai oleh siswa di kelas menyimak dasar di jurusan bahasa Inggris, Universitas Negeri Padang (UNP). Penelitian deskriptif ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner. Ada 2 kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini. Pertama yaitu kuesioner VARK (Versi 7.8) yang dirancang oleh Fleming. Kuesioner VARK mewakili visual (V), aural (A), baca / tulis (R), dan kinestetik (K). Kuesioner kedua adalah Index of Learning Styles (ILS) yang dirancang oleh Richard M. Felder dan Barbara A. Soloman pada tahun 1997. Kuesioner ini dikategorikan ke dalam empat dimensi, yaitu aktif atau reflektif, visual atau verbal, sensitivitas atau intuisi, dan berurutan atau global. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas Mendengarkan Dasar Jurusan Bahasa Inggris. Sampel penelitian adalah 65 siswa dari dua kelas yaitu kelas menyimak dasar K3 dan K5 dengan menggunakan cluster sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas K3 dan K5 memiliki gaya belajar yang bervariasi berdasarkan angket VARK, artinya siswa di kelas tersebut dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik dengan metode yang mengarah pada visual, auditory, read / write, dan kinestetik. Kemudian berdasarkan angket ILS terlihat bahwa siswa kelas K3 dan K5 cenderung menggunakan gaya belajar visual yang artinya sebagian besar dari mereka paling menikmati proses belajar dengan bantuan gambar, grafik, dan video karena mereka dapat memahami dengan baik. materi lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: gaya belajar, menyimak dasar
Subjects: P Language and Literature > PE English
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 26 Nov 2025 01:23
Last Modified: 26 Nov 2025 01:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30348

Actions (login required)

View Item
View Item