Silviani, Ade (2018) Meningkatkan Kemampuan Menginterpretasikan Fakta Sejarah Melalui Metode Sortir Kartu (Card Sort) pada Kelas XI IPS 4 SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_02_ADE_SILVIANI_1205939_2545_2018.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya kemampuan siswa dalam menginterpretasikan fakta di kelas XI IPS4 SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang. Rumusan masalah dari penelitan ini adalah sejauh mana peningkatan kemampuan menginterpretasikan fakta menjadi konsep yang ditimbulkan dari penerapan metode card sort pada pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 4 SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase dalam meningkatkan kemampuan menginterpretasikan fakta menjadi konsep melalui penerapan metode card sort pada pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 4 SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 4 SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang yang berjumlah 31 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester Juli- Desember 2017. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dalam bentuk daftar Tally. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus persentase (%) . Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menginterpretasikan fakta dan menjadikannya ke konsep. Pada siklus 1 peningkatan terjadi pada fakta gerak perubahan sejarah berdiri dan berkembang sementara fakta gerak perubahan sejarah mundur masih sama belum ada peningkatan, sedangkan fakta gerak perubahan sejarah runtuh mengalami penurunan terjadi pada pertemuan ketiga. Mengatasi hal demikian perlu diadakan refleksi untuk siklus II. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan pada setiap komponen. peningkatan terkecil terjadi pada fakta gerak perubahan sejarah mundur sementara peningkatan terbesar terjadi pada fakta gerak perubahan sejarah berkembang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode card sort dapat meningkatkan kemampuan menginterpretasikan fakta pada siswa kelas XI IPS 4 SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang. Oleh sebab itu disarankan kepada guru sejarah untuk dapat mencoba menerapkan metode card sort ini dalam proses pembelajaran sejarah
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Menginterpretasikan, Fakta, Konsep, Card Sort |
| Subjects: | L Education > LA History of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 01:16 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 01:17 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30333 |
