Wirasty, Rini (2012) Interferensi Morfologis Bahasa Minangkabau terhadap Bahasa Indonesia dalam Bahasa Tulis Siswa SD Negeri 39 Koto Baru Kab. Solok. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_2_RINI_WIRASTY_B_51433_5459_2012.pdf
Download (463kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terganggunya pemerolehan bahasa kedua terhadap bahasa pertama, atau interferensi bahasa Minangkabau terhadap bahasa Indonesia dalam bahasa tulis (karangan) siswa SD Negeri 39 Koto Baru Kab. Solok. Oleh sebab itu, perlu diadakan penelitian yang berhubungan dengan pemerolehan bahasa pada siswa kelas V, karena biasanya di usia ini pemerolehan bahasa terjadi (bahasa tulis). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) bentuk interferensi bahasa Minangkabau dalam bentuk bahasa tulis (karangan), (2) Faktor-faktor penyebab terjadinya interferensi morfologis bahasa Minangkabau ke dalam bahasa Indonesia dalam karangan siswa kelas V SD Negeri 39 Koto Baru. Dengan tercapainya tujuan penelitian tersebut maka, pada akhirnya bagaimana interferensi morfologis bahasa Minangkabau terhadap Bahasa Indonesia dalam bahasa tulis pada siswa kelas V SD Negeri 39 Koto Baru Kab. Solok. Jenis penelitian ini kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah karangan siswa kelas V SD Negeri 39 Koto Baru Kab. Solok. Pengumpulan data dilakukan dengan meminta siswa kelas V membuat karangan. sesuai dengan tema masing-masing kelas. Kemudian siswa diberikan waktu mengarang 90 menit. Teknik analisis data yang digunakan yaitu (1) mengumpulkan lembaran tugas karangan dalam bentuk bahasa tulis, (2) mengidentifikasi/ memeriksa tugas, (3) mengklasifikasikan bentuk dan jenis interferensi bahasa Minangkabau ke dalam bahasa Indonesia, (4) menyimpulkan analisis data. Penelitian ini menggunakan tiga teknik menjamin keabsahan data. Ketiga teknik tersebut adalah (1) ketekunan pengamatan, (2) triangulasi, dan (3) kecukupan referensial. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan, penyebab terjadinya interferensi ini adalah sebagai berikut: Pertama, faktor dalam diri sipenutur. Kedua, karena faktor kebahasaan yaitu kesamaan struktur dari beberapa bahasa yang dikuasai oleh siswa atau kekurangan suatu bahasa yang dikuasai siswa sehingga siswa meminjam istilah bahasa lain. Ketiga, faktor dari lingkungan yaitu penggunaan bahasa Minangkabau dalam keseharian di lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Interferensi Morfologis Bahasa Minangkabau, Bahasa Tulis Siswa |
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 01:15 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 01:16 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30330 |
