Diana, Putri (2014) Hubungan Penguasaan Kosakata dan Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_PUTRI_DIANA_54439_4283_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat penguasaan kosakata siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang. Ketiga, menganalisis hubungan penguasaan kosakata dan keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Tergolong kuantitatif karena data yang diolah menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran data, dan penampilan hasilnya. Sesuai dengan tujuan penelitian, ada dua data yang akan diolah. Pertama, data penguasaan kosakata siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang. Kedua, data keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analitis. Metode ini bertujuan untuk mengalisis hubungan penguasaan kosakata dan keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Desain korelasional bertujuan untuk menganalisis hubungan penguasaan kosakata dan keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang dengan sampel berjumlah 32 orang. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui dua jenis tes, yaitu tes objektif dan tes menulis. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data penguasaan kosakata sedangkan tes menulis digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menulis karangan eksposisi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan hal-hal berikut. Pertama, penguasaan kosakata siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang berada pada kualifikasi baik (80,23). Kedua, keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang berada pada kualifikasi baik (82,80). Ketiga, terdapat hubungan penguasaan kosakata dan keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang pada taraf signifikan 95% dengan derajat kebebasan n-1. Dengan demikian, semakin bagus penguasaan kosakata siswa, maka akan semakin bagus keterampilan menulisnya. Sebaliknya, apabila penguasaan kosakata siswa buruk, maka keterampilan menulisnya pun akan buruk Kata kunci: Hubungan, Penguasaan Kosakata, Menulis, dan Karangan eksposisi
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | PENGUASAAN KOSAKATA, KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI |
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 03:16 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 03:16 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30293 |
