Oktavia, Witri (2014) Analisis Unsur Argumen (Argumentative Elements) dan Kesalahan Logika (Fallacies) pada Tulisan Discussion Mahasiswa. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_2_WITRI_OKTAVIA_10927_1003_2015.pdf
Download (904kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk memahami bagaimana mahasiswa jurusan bahasa Inggris UNP menyajikan unsur-unsur argumen, apa saja bentuk kesalahan logika yang umumnya dibuat oleh mahasiswa serta bagaimana kedua aspek diatas dapat menggambarkan kualitas tulisan mahasiswa secara keseluruhan. Penilaian dan penyajian unsur-unsur argument dalam bentuk grafik, pengidentifikasian kesalahan logika, dan penilaian terhadap kualitas tulisan siswa adalah beberapa prosedur yang dilakukan pada analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bawah tulisan mahasiswa yang memiliki kualitas bagus cenderung merupakan penggabungan antara defending argument dan counter argument dalam pendapat mereka. Berkaitan dengan struktur argumen, argument majemuk (multiple arguments) memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap kualitas tulisan siswa. Selanjutnya ditemukan bahwa kesalahan logika hasty generalization dan post hoc ergo proper hoc adalah dua tipe kesalahan logika yang paling banyak dibuat oleh mahasiswa. Hal ini menunjukkan bahwa masih kurangnya kemampuan mahasiswa dalam menyajikan bukti terhadap opini yang mereka kemukakan. Namun demikian, kedua kesalahan logika tersebut tidak dapat menggambarkan kualitas tulisan mahasiswa karena hamper seluruh mahasiswa membuat kesalahan logika tersebut.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Analisis Unsur Argumen (Argumentative Elements) dan Kesalahan Logika (Fallacies) |
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 25 Nov 2025 01:45 |
| Last Modified: | 25 Nov 2025 01:45 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30291 |
