Arjuna, Gibran (2021) Pengaruh Teknik Information Gap dan Motivasi Siswa terhadap Kemampuan Berbicara Siswa. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_02_GIBRAN_ARJUNA_18178012_2834_2022.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh teknik information gap dan motivasi siswa terhadap kemampuan berbicara siswa pada siswa kelas pertama di MAN 1 Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan eksperimen semu yang menggunakan rancangan factorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah siswa tahun pertama MAN 1 Pesisir Selatan tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri dari enam kelas (163 siswa). Sampel penelitian ini dipilih menggunakan teknik kluster acak. Kelas X PK 1 terdiri dari 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X PK 2 terdiri dari 18 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data adalah angket jenis motivasi dan tes kemampuan berbicara. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Information gap memberikan efek yang signifikan terhadap kemampuan berbicara siswa daripada siswa yang diajarkan dengan cara konvensional. (2) Information gap memberikan efek yang signifikan pada siswa dengan motivasi tinggi yang diajarkan dengan Information gap (3) Information gap tidak memberikan efek yang signifikan pada siswa dengan motivasi rendah yang diajarkan dengan Information gap (4) tidak ditemukan adanya interaksi antara Information gap dan motivasi terhadap peningkatan kemampuan berbicara siswa. Dapat disimpulkan bahwa Information gap memberikan efek yang signifikan terhadap kemampuan berbicara siswa terutama pada siswa dengan motivasi tinggi. Akan tetapi, tidak ada perbedaan yang rerata yang bermakna antara teknik pengajaran dan motivasi terhadap kemampuan berbicara siswa. Kata Kunci: Information gap, motivasi, kemampuan berbicara
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Information gap, motivasi, kemampuan berbicara |
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 25 Nov 2025 01:29 |
| Last Modified: | 25 Nov 2025 01:29 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30257 |
