Yanuarmi, Suhelia (2014) Pengaruh Penerapan Strategi Kontekstual dan Pengetahuan Awal terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa kelas III SD Negeri 01 Benteng Hulu Kabupaten Siak. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_1_SUHELIA_YANUARMI_1109880_1926_2014.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) ada tidaknya perbedaan hasil belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kontekstual dan strategi konvensional; (2) perbedaan hasil tematik (Matematika dan Bahasa Indonesia) siswa dengan pengetahuan awal tinggi yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual dan strategi konvensional; (3) perbedaan hasil belajar tematik (Matematika dan Bahasa Indonesia) siswa dengan pengetahuan awal rendah yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual dengan hasil belajar tematik (Matematika dan Bahasa Indonesia) siswa berpengetahuan awal rendah yang diajar dengan strategi konvensional; (4) interaksi antara strategi pembelajaran kontekstual dengan pengetahuan awal siswa terhadap hasil belajar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 01 Bentang Hulu yang berada di Kabupaten Siak. Sampel penelitian dipilih dengan teknik pengambilan sampel Purposif Random Sampling. Dari pemilihan diperoleh kelas IIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas IIIC sebagai kelas kontrol. Penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian treatment by block design 2 x 2, dan diselenggarakan pada semester II tahun pelajaran 2012/2013. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar kognitif dan dianalisis dengan uji-t dan Anava. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual dalam pembelajaraqn tematik pada mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional, baik pada kelompok siswa dengan pengetahuan awal tinggi maupun kelompok siswa dengan pengetahuan awal rendah. Pengaruh strategi pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak terdapat interaksi antara penggunaan strategi kontekstual dengan pengetahuan awal terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik pada mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia artinya strategi pembelajaran kontekstual dapat diterapkan pada siswa dengan pengetahuan awal tinggi maupun rendah.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pengaruh Strategi Pembelajaran Kontekstual dan Pengetahuan Awal terhadap Hasil Belajar Tematik Sekolah Dasar Negeri 01 Bentang Hulu Kabupaten Siak . Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang. |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 25 Nov 2025 01:28 |
| Last Modified: | 25 Nov 2025 01:29 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30251 |
