Pebrina, aldita (2018) Perbedaan Metode Mengajar Resiprokal dan Komando terhadap Hasil Belajar Shooting Bolabasket di SMA Negeri Padang Negeri 9 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_02_ALDITA_PEBRINA_14087088_5619_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan shooting bolabasket siswa di SMA Negeri 9 Padang. Di duga hal ini disebabkan oleh metode mengajar yang belum tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan metode mengajar resiprokal dan komando terhadap hasil belajar shooting bolabasket di SMA Negeri 9 Padang. Jenis penelitian adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 1 dan siswa IPA 2 yang berjumlah 64 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dengan demikian sampel dalam penelitian berjumlah 64 orang. Untuk memperoleh data kemampuan shooting di tes dengan under basket shoot sebelum dan sesudah perlakuan. Data di analisis dengan uji statistik non parametrik dengan wilcoxon test dan tes mann-whitney-u-test pada taraf signifikansi = 0.05. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut : 1) Metode mengajar resiprokal memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar shooting bolabasket di SMA Negeri 9 Padang, 2) Metode mengajar komando memberikan pengaruh yang siginifikan terhadap peningkatan hasil belajar shooting bola basket di SMA Negeri 9 Padang, 3) Tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode mengajar resiprokal dengan komando terhadap hasil belajar shooting bolabasket di SMA Negeri 9 Padang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | bolabasket, mengajar resiprokal |
| Subjects: | S Sport |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 25 Nov 2025 01:25 |
| Last Modified: | 25 Nov 2025 01:25 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30247 |
