Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Motivasi pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Dikelas X SMA Negeri 7 Padang

Furi, Ratna (2016) Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Motivasi pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Dikelas X SMA Negeri 7 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_03_RATNA_FURI_1204254_6710_2016.pdf] Text
final_03_RATNA_FURI_1204254_6710_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Salah satu upaya yang telah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan mutu pembelajaran adalah penyempurnaan kurikulum menjadi kurikulum 2013. Kimia sebagai mata pelajaran yang diajarkan kepada siswa kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) perlu adanya pembaharuan dalam pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Berdasarkan hal tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan ada atau tidaknya pengaruh hasil belajar dengan menggunakan strategi Inkuiri Terbimbing dan konvensional di kelas X SMAN 7 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu (Quasi Experimental Research). Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 7 Padang yang terdaftar pada semester II tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Random sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dan angket motivasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Distribusi hasil belajar kelas eksperimen dan berdasarkan motivasi tinggi lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Distribusi hasil belajar kelas eksperimen berdasarkan motivasi rendah lebih tinggi dari pada hasil belajar kelas kontrol. Dalam proses pembelajaran siswa lebih berperan sebagai penemu dengan menemukan konsep tersebut secara terbimbing melalui pertanyaan kunci. Hal ini dikarenakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dapat melatih dan memaksa siswa untuk berpikir kritis dan logis. Sehingga konsep yang ditemukan tertanam dalam diri siswa dan dapat lebih lama diingat, sedangkan hasil penelitian tentang interaksi antara motivasi belajar dengan strategi pembelajaran menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Kimia-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 25 Nov 2025 01:21
Last Modified: 25 Nov 2025 01:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30239

Actions (login required)

View Item
View Item