Laila, Rahmi (2019) Pengaruh Buku Ajar IPA Terpadu Tema Gerak dalam Kehidupan Sehari-hari Mengintegrasikan Strategi REACT pada Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_05_Rahmi_Laila_15033120_756_2019.pdf
Download (3MB)
Abstract
Berdasarkan kurikulum 2013, pembelajaran IPA di SMP dilaksanakan
secara terpadu dan kontekstual. Pembelajaran IPA Terpadu berarti pembelajaran
IPA menggunakan kombinasi materi Fisika, Kimia dan Biologi. Pembelajaran
kontekstual berarti pembelajaran didekatkan dengan kehidupan sehari-hari siswa.
Materi pelajaran yang dibahas secara terpadu dan kontekstual akan menjadikan
pembelajaran tersebut bermakna. Masalah yang terjadi adalah pembelajaran IPA
di SMP belum terlaksana secara terpadu dan kontekstual. Solusi untuk masalah ini
adalah penerapan buku ajar IPA terpadu tema gerak dalam kehidupan sehari-hari
mengintegrasikan strategi REACT. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh penerapan buku ajar IPA terpadu pada tema gerak dalam
kehidupan sehari-hari mengintegrasikan strategi REACT pada hasil belajar siswa
kelas VIII SMPN 7 Padang.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasi Experiment Research dengan
Randomized Control-Group Only Design. Populasi penelitian adalah semua siswa
kelas VIII SMPN 7 Padang Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian
adalah kelas VIII 5 dan VIII 7. Teknik pengambilan sampel menggunakan
Purposive Sampling dan Claster Random Sampling. Instrumen pengumpulan data
untuk aspek pengetahuan adalah lembar tes tertulis berbentuk pilihan ganda, untuk
aspek sikap adalah lembar observasi dan untuk aspek keterampilan adalah lembar
penilaian kinerja. Data dari penelitian dianalisis dengan analisis statistik deskriptif
dan uji perbandingan dua rata-rata.
Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai rata-rata pada aspek sikap untuk
kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 71,11 dan 67,3.
Selanjutnya, nilai rata-rata pada aspek keterampilan berturut-turut adalah 79,57
dan 74,12. Aspek yang terakhir yaitu aspek pengetahuan, nilai rata-rata pada
aspek pengetahuan berturut-turut adalah 73,66 dan 60,11. Data yang diperoleh
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dari hasil belajar signifikan siswa yang
menggunakan buku ajar IPA terpadu dengan siswa yang tidak menggunakannya.
Hasil ini mengungkapkan bahwa penerapan Buku Ajar IPA Terpadu Tema Gerak
dalam Kehidupan Sehari-hari Mengintegrasikan Strategi REACT memberikan
pengaruh pada hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 7 Padang pada taraf
kepercayaan sebesar 95%.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Buku Ajar IPA Terpadu |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > Q Science (General) |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
| Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 03:09 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 03:09 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30227 |
