Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Persuasi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Coomposition) Siswa Kelas X.A SMA Negeri 1 Lengayang.

Desi, Efritayeni (2011) Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Persuasi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Coomposition) Siswa Kelas X.A SMA Negeri 1 Lengayang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DESI_EFRITAYENI_86371_5127_2011.pdf] Text
final_B1_DESI_EFRITAYENI_86371_5127_2011.pdf

Download (454kB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peningkatankemampuan menulis karangan persuasi dengan menggunakan modelpembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Inthegrated Reading andComposition) siswa kelas X.A SMA Negeri 1 Lengayang.Pengumpulan data dilakukan meleui dua alat utama, yaitu tes dan non tes.Tes digunakan untuk mengumpulkan data penerapan model pembelajarankooperatif tipe CIRC (Cooperative Inthegrated Reading and Composition)dalam pembelajaran menulis karangan persuasi. Penganalisisan data dilakukansecara deskriptif-analitis sesuai dengan penerapan konsep penelitian tindakankelas.Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan hal-hal berikut. Pertama,penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative InthegratedReading and Composition), dalam dua siklus (empat kali pertemuan tatap muka)dapat meningkatkan secara signifikan keterampilan menulis karangan persuasisiswa kelas X.A SMA Negeri 1 Lengayang dengan rata-rata peningkatanmenunjukkan adanya peningkatan dari siklus I dan siklus II, baik data tes maupundata nontes. Dari data tes dapat diketahui peningkatan nilai menulis karanganpersuasi siswa kelas X .ASMA Negeri 1 Lengayang dengan Menggunakan Modelpembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading andCoomposition) yaitu, sebesar 66,45 pada siklus I menjadi 78,28 pada siklus IImeskipun masih berada pada kategori baik. Keterampilan siswa dalam menuliskarangan persuasi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipeCIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada setiap aspeknya,tergolong baik. Berdasarkan analisis data nilai kemampuan menulis karanganpersuasi siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC(Cooperative Integrated Reading and Coomposition) dari analisis data nilaikemampuan menulis karangan persuasi siswa kelas X.A SMA Negeri 1Lengayang terdapat peningkatan dari siklus I dan silkus II sudah mencapai matapelajaran bahasa indonesia SMA Negeri 1 Lengayang.Relevan dengan simpulan penelitian, pertama, penerapan modelpembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading andCoomposition) dapat meningkatkan pembelajaran menulis. Kedua, penerapanmodel pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading andCoomposition) dapat meningkatakan kemampuan siswa dalam menulis karanganpersuasi. Ketiga, terdapat pengaruh signifikan terhadap kemampuan menuliskarangan persuasi siswa kelas X.A SMA Negeri 1 Lengayang dan ketuntasanhasil belajar siswa meningkat yang mencapai ketuntasan hasil belajar KKM 65.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN MENULIS, MENULIS KARANGAN PERSUASI, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 24 Nov 2025 03:07
Last Modified: 24 Nov 2025 03:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30226

Actions (login required)

View Item
View Item