Mustathira, Mustathira (2013) Improve the students’ Speaking Skill on Descriptive Text by Using Numbered Heads Together Technique at Grade VIII.3 SMP N I Tempuling, INHIL. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_2_MUSTATHIRA_598616539_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan yang peneliti lakukan di kelas VIII.3 SMP N I Tempuling Inhil tahun pelajaran 2012-2013, peneliti menemukan ada suatu masalah dalam proses belajar mengajar yaitu tidak tercapainya criteria ketentuan minimal yang ditetapkan oleh sekolah dalam keterampilan berbicara anak. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah teknik guru dalam menjalankan proses belajar mengajar. Untuk menyelesaikan masalah ini, peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan sebuah teknik yang bernama Numbered Heads Together. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah teknik Numbered Heads Together dapat meningkatkan kemampuan berbicara dan factor-faktor yang mempengaruhi peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas VIII.3 SMP N I Tempuling Inhil. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus dengan empat kali pertemuan. Penelitian ini melibatkan Peneliti sebagai guru kelas, kolaborator yang juga guru bahasa Inggris di kelas IX SMP N I Tempuling Inhil dan siswa kelas VIII.3 SMP N I Tempuling Inhil. Data penelitian dikumpulkan dengan melakukan observasi langsung terhadap kemampuan siswa, interview siswa setelah pelaksanaan proses belajar mengajar dan membuat field note. Pada siklus pertama, hanya ada lima siswa yang menunjukkan kemampuan berbicara bahasa inggris. Kebanyakan siswa tampil dengan membaca saja teks yang sudah dibuat dalam kelompok walaupun sudah diterangkan sebelum mereka tampil bahwa mereka tidak boleh membaca. Kondisi ini terjadi karena mereka belum terbiasa dengan teknik ini dan tidak cukupnya waktu yang tersedia untuk melakukan persiapan sebelum mereka menampilkan text yang telah mereka buat dalam kelompok. Pada siklus kedua, mereka menunjukkan perbaikan kemampuan berbicara yang sangat mengembirakan karena mereka diberi beberapa contoh untuk membuat teks descriptive dan mereka sudah mulai terbiasa dengan sistim pembelajaran dengan menggunakan teknik Numbered Heads Together. Hasil kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan teknik ini dapat dilihat dari rata-rata perolehan nilai siswa pada setiap pertemuan. Disamping itu ada tiga faktor yang mempengaruhi peningkatan kemampuan bicara anak yaitu participasi siswa dalam proses belajar mengajar, peranan guru dalam kelas dan media yang digunakan dalam mengajar .
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Speaking Skill and Descriptive Text and Numbered Heads Together technique |
| Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 04:26 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 04:26 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30223 |
