Pengaruh Literasi Digital terhadap Kemampuan Akademik Mahasiswa UNP di Era Society 5.0

Rahmawati, Siti (2024) Pengaruh Literasi Digital terhadap Kemampuan Akademik Mahasiswa UNP di Era Society 5.0. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi digital terhadap kemampuan akademik mahasiswa Universitas Negeri Padang pada era Society 5.0. Perkembangan teknologi yang semakin pesat menuntut mahasiswa memiliki keterampilan digital sebagai bagian dari kompetensi abad 21. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik survei terhadap 120 mahasiswa dari berbagai fakultas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan akademik, terutama dalam kemampuan mencari sumber ilmiah, melakukan kolaborasi digital, serta menyelesaikan tugas berbasis teknologi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan literasi digital dapat mendukung prestasi akademik mahasiswa UNP secara berkelanjutan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: literasi digital, kemampuan akademik, mahasiswa, society 5.0
Subjects: L Education > L Education (General)
S Sport
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 24 Nov 2025 04:14
Last Modified: 24 Nov 2025 04:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30179

Actions (login required)

View Item
View Item