Rosmeri, Rosmeri (2010) Penggunaan Model Pembelajaran kooperatif Tipe CIRC untuk Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Menulis Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VIII SMP Negeri 4 Mandau. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_1_ROSEMERI_93209_5075_2012.pdf
Download (258kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran menulis. Berkisar 65% dari 40 siswa kelas VIII belum mampu menggunakan Bahasa Indonsia dengan baik.dan benar. Hal ini kemungkinan besar disebabkan karena siswa selalu menggunakan bahasa daerah dalam berkomunikasi dengan teman-teman dan masyarakat yang ada dilingkungannya. Tak heran masih ada siswa yang kurang memahami makna suatu kalimat dalam Bahasa Indonesia sehingga mereka juga mengalami kesukaran mengekspresikan ide dan gagasan kedalam bentuk tulisan. Sebagian besar siswa belum mampu mengekspresikan ide dan gagasan, kurangnya keterampilan siswa dalam menggunakan pilihan kata yang tepat serta rendahnya pengetahuan siswa dalam penggunaan tanda baca pada karangan atau tulisan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Apakah dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas VIII SMP Negeri 4 Mandau?, 2) Apakah dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas VIII SMP Negeri 4 Mandau?. Penelitian akan dilakukan di SMP Negeri 4 Mandau yang beralamat di Jalan Sudirman – Duri, Kecamatan Mandau. Rencana pelaksanaan penelitian ini adalah bulan April- Juli tahun pelajaran 2009-2010. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas VIII SMP Negeri 4 Mandau. Terjadi peningkatan aktivitas siswa disebabkan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) sebesar 18,0 % siswa menjadi lebih aktif dan mau bekerjasama dengan anggota kelompok. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas VIII SMP Negeri 4 Mandau. Terjadi peningkatan keterampilan menulis siswa yang dilihat dari 4 aspek yaitu ketepatan isi, struktur kalimat, koherensi dan ejaan serta tanda baca, sebesar 13,2 %.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif, Aktivitas Belajar |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 04:12 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 04:13 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30171 |
