Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Mastery Learning dan Kreativitas terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Mutiara

Sumarti, Romi Putra (2016) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Mastery Learning dan Kreativitas terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Mutiara. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_ROMI_PUTRA_SUMARTIN_1303898_3828_2016.pdf] Text
final_1_ROMI_PUTRA_SUMARTIN_1303898_3828_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Tanjung Mutiara. Hal ini terlihat pada hasil tes belajar yang diperoleh siswa, hasil observasi dan wawancara dengan guru TIK SMPN 2 Tanjung Mutiara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran Mastery Learning dan kreativitas terhadap hasil belajar TIK siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Mutiara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Tanjung Mutiara, yang berjumlah 183 dan terdiri dari lima kelas. Sampel diambil secara acak. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII.4 SMPN 2 Tanjung Mutiara sebagai kelas eksperimen dan VIII.3 SMPN 2 Tanjung Mutiara sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kreativitas dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini, yaitu uji-t. Hasil penelitian terlihat bahwa siswa pada kelas eksperimen yang menerapkan strategi mastery learning memiliki rata-rata (84,97) lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa pada kelas yang tidak menerapkan strategi mastery learning (79,75). berdasarkan perhitungan t-test diperoleh t-hitung 3,022 sedangkan taraf kepercayaan 0,05 t-tabel adalah sebesar 2,00. dengan demikian penggunaan strategi mastery learning memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar. Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan kreativitas terhadap hasil belajar siswa. hal ini berarti strategi mastery learning berpengaruh baik terhadap hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Mastery Learning, Kreativitas Siswa, Hasil Belajar TIK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 24 Nov 2025 04:10
Last Modified: 24 Nov 2025 04:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30163

Actions (login required)

View Item
View Item