Rekonstruksi Mata Kuliah Kimia Fisika Melalui Analisis Konten Menggunakan Model of Educational Reconstruction (MER)

Jufrina, Yesi (2018) Rekonstruksi Mata Kuliah Kimia Fisika Melalui Analisis Konten Menggunakan Model of Educational Reconstruction (MER). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_03_YESI_JUFRINA_16176014_5013_2018.pdf] Text
final_03_YESI_JUFRINA_16176014_5013_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rekonstruksi kurikulum mata kuliah Kimia Fisika. Tahapan rekontruksi kurikulum sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang terdiri dari tiga tahapan yaitu Perancangan, Pembelajaran dan Evaluasi. Rancangan penelitian ini menggunakan modifikasi Model Rekonstruksi Pendidikan (MER). Model ini terdiri dari tiga komponen, yaitu: analisis struktur konten, penelitian pengajaran dan pembelajaran, dan pengembangan setting pembelajaran. Penelitian ini hanya dilakukan pada tahap perancangan dan difokuskan pada komponen pertama yaitu analisis struktur konten. Tahap ini digunakan untuk menganalisa kebijakan kemendikbud dan kebijakan kemenristekdikti. Dokumen kurikulum yang digunakan dalam analisis ini adalah Standar Nasional Pendidikan, Tes Kompetensi Guru,Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Visi dan Misi Universitas. Analisis tersebut menghasilkan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dan Capaian Pembelajaran Sub Mata Kuliah untuk melahirkan mata kuliah dan penentuan sks dalam pembuatan RPKPS.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Model Rekonstruksi Pendidikan (MEP), Kebijakan Kemenristekdikti, Kebijakan Kemendikbud
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Kimia-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 24 Nov 2025 03:15
Last Modified: 24 Nov 2025 03:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30150

Actions (login required)

View Item
View Item