Mandasari, Mellati (2017) Analisa Teknik Elisitasi didalam Interaksi Kelas yang Digunakan Guru Bahasa Inggris di SMAN 1 2x11 Kayutanam. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_02_MELLATI_MANDASARI_14178032_2922_2017.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan teknik elisitasi yang digunakan guru untuk berinteraksi didalam kelas. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah guru bahasa Inggris di SMAN 1 2x11 Kayutanam. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan rekaman video dan observasi di empat kelas yang berbeda. Analisis percakapan digunakan untuk menganalisis dan mengelompokkan data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa ada lima teknik elisitasi yang digunakan oleh para guru. Teknik tersebut adalah bertanya menggunakan gambar, teks, dialog, bahasa tubuh dan teknik yang dirancang sendiri oleh guru. Bertanya menggunakan dialog merupakan teknik yang paling sering digunakan guru untuk bertanya kepada siswa. Selain itu, bertanya menggunakan bahasa tubuh sangat jarang digunakan oleh guru. Dalam penggunaan teknik elisitasi, guru menggunakan beberapa jenis pertanyaan. Pertanyaan tersebut terdiri dari, pertanyaan ya/tidak, pertanyaan tertutup dan pertanyaan terbuka. Dalam penggunaannya, guru Bahasa Inggris menanyakan lebih banyak pertanyaan ya/tidak dan pertanyaan tertutup, sedangkan pertanyaan terbuka jarang digunakan. Respon siswa terhadap teknik elisitasi yang digunakan guru didominasi oleh jawaban yang sederhana atau singkat. Disamping itu, ada beberapa tujuan guru dalam menggunakan elisitasi teknik. Tujuan tersebut adalah untuk berinteraksi didalam kelas, untuk meningkatkan partisipasi siswa, untuk menarik perhatian siswa, untuk mengeskpresikan ide, untuk melihat pemahaman siswa, menstimulasi pengetahuan awal siswa, dan memotivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris. Berdasarkan temuan di atas, dapat disimpulkan bahwa guru cenderung menggunakan satu teknik elisitasi yang sama di setiap pertemuan sehingga proses interaksi di dalam kelas masih didominasi oleh guru.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Teknik Elisitasi, Interaksi Kelas |
| Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 03:14 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 03:14 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30148 |
