Pembelajaran Tematik di Kelas Awal Sekolah Dasar Negeri 02 Percontohan Bukittinggi

Wendra, Wendra (2011) Pembelajaran Tematik di Kelas Awal Sekolah Dasar Negeri 02 Percontohan Bukittinggi. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_WENDRA_51741_3655_2012.pdf] Text
final_1_WENDRA_51741_3655_2012.pdf

Download (148kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penyelenggaraan pembelajaran tematik di kelas awal. Terdapat tiga hal yang dideskripsikan dalam penelitian ini, yaitu 1) proses pembelajaran tematik, 2) kendala-kendala yang dihadapi guru, 3) upaya-upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala yang dimaksud. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Informan penelitian yaitu guru, kepala sekolah, dan siswa kelas awal. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Teknik analisis data terdiri dari beberapa alur kegiatan yang terjadi bersamaan yaitu: mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, menyimpulkan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan proses pelaksanaan pembelajaran tematik yang dilakukan guru melalui tiga tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Perencanaan pembelajaran dibuat secara berkolaborasi dalam kegiatan KKG sehingga model program tematik di setiap tingkat kelas awal relatif sama. Pembelajaran dilaksanakan dengan mengarahkan siswa untuk melakukan berbagai aktivitas yang bervariasi, namun umumnya fokus pembelajaran diarahkan pada pembahasan konsep dari berbagai mata pelajaran secara terpisah. Penilaian dilakukan guru untuk melihat hasil belajar siswa dan tidak terlihat adanya penilaian proses. Kendala yang dihadapi guru, di antaranya adalah belum mampu membuat pemetaan kompetensi dasar dan untuk mengatasi kendala tersebut, guru mendiskusikannya dalam kegiatan KKG. Bedasarkan temuan di atas, kepada guru kelas awal di sarankan agar dapat memahami tentang pembelajaran tematik secara utuh, baik secara konseptual maupun praktikal, sehingga pembelajaran tematik dapat diterapkan dengan baik. Guru kelas awal disarankan pula untuk membaca buku teori dan praktik tentang pembelajaran tematik, berlatih, berkolaborasi, dan berdiskusi dengan teman sejawat.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 24 Nov 2025 03:13
Last Modified: 24 Nov 2025 03:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30142

Actions (login required)

View Item
View Item