Junita, Wirza (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_WIZRA_JUNITA_1101675_1949_2016.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan hasil belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dan metode ceramah mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Hipotesis kerja (H1) yang dikemukakan adalah “terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara penggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dengan metode ceramah pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP.” Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan The Static Group Comparison Design. Populasi adalah siswa kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel secara purposive sampling. Alat pengumpul data penelitian adalah tes. Hipotesis penelitian diuji dengan uji beda dua rata-rata (uji t) pada taraf nyata 0,05 dan dk = 50. Penelitian ini menemukan bahwa hasil belajar pada kelas eksperimen memiliki rata-rata 84,76 dan kelas kontrol 65,42. Dari hasil pengujian perbedaan dua rata-rata diperoleh bahwa harga thitung sebesar 7,95 dan ttabel sebesar 1,98. Terlihat bahwa thitung berada diluar daerah penerimaan H0. Jadi, hipotesis kerja (H1) dapat diterima pada taraf nyata 0,05.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran kooperatif tipe talking stick, Hasil Belajar IPS Terpadu |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 03:12 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 03:12 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30137 |
