Gustiya, Rahmi Sitra (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Scientific dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Kimia SMP/MTs Kelas VII. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_03_RAHMI_SITRA_GUSTIYA_14176008_2189_2017.pdf
Download (308kB)
Abstract
Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan Scientific dengan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berupa RPP dan LKPD yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp yang terdiri dari 3 tahap yakni tahap investigasi awal, pengembangan/pembuatan prototipe dan penilaian. Perangkat pembelajaran ini divalidasi oleh 3 orang validator dan diujikan kepada 32 orang peserta didik di MTsN Kepala Hilalang dan 22 orang peserta didik di SMP Negeri 1 Kayutanam. Hasil uji validitas perangkat pembelajaran diperoleh nilai rata-rata moment kappa sebesar 0,88 dan berdasarkan hasil angket respon guru dari kedua sekolah diperoleh nilai rata-rata moment kappa 0,90 dan 0,93 dengan kepraktisan sangat tinggi, sementara itu untuk angket respon peserta didik dari kedua sekolah diperoleh nilai rata-rata moment kappa 0,74 dan 0,76. Hasil uji efektivitas perangkat pembelajaran mempunyai efektivitas yang tinggi dari segi hasil belajar peserta didik kedua sekolah dengan nilai rata-rata 78% dan sebagian besar peserta didik tuntas. Pada penelitian ini juga dilakukan penilaian uji-t dan diperoleh hasil yang signifikan terhadap pengaruh penggunaan LKPD terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel. Dari segi aktivitas peserta didik didapatkan data sebesar 75,5 % dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa, perangkat pembelajaran berbasis pendekatan scientific dengan model pembelajaran PBL yang dihasilkan telah valid, praktis, dan efektif.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Perangkat Pembelajaran, PBL, Model Pengembangan Plomp |
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Kimia-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 03:08 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 03:08 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30125 |
