Suhemi, Suhemi (2011) Kontribusi Komunikasi Interpersonal dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Motivasi Berprestasi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman Provinsi Sumatera Barat. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_1_SUHEMI_10659_3063_2012.pdf
Download (233kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan dilapangan, teramati bahwa motivasi Berprestasi guru Sekolah Dasar di Kecamatan Lubuk Sikaping Provinsi Sumatera Barat masih rendah. Peneliti menduga komunikasi interpersonal dan kepemimpinan Kepala sekolah berkontribusi terhadap motivasi berprestasi guru Sekolah Dasar di Kecamatan Lubuk sikaping Kabupaten Pasaman Provinsi Sumatera Barat ,oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk menguji kebenarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kontribusi komunikasi interpesonal dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivas berprestasi guru Sekolah Dasar di Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman Provinsi Sumatera Barat. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini adalah: 1) komunikasi interpesonal berkontribusi terhadap motivasi berprestasi guru, 2) Kepemimpinan Kepala sekolah berkontribusi terhadap motivasi berprestasi guru, 3) komunikasi interpesonal dan kepemimpinan kepala Sekolah secara berkontribusi terhadap motivasi berprestasi guru. bersama-sama Populasi penelitian ini adalah semua guru-guru Sekolah Dasar di Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman Provinsi Sumatera Barat yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS). Jumlah populasi sebanyak 85 orang. Sampel penelitian berjumlah 51 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik stratified proportional random sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan angket model skala Likert yang telah diuji kesahihan dan kehandalannya. Data dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) komunikasi interpesonal berkontribusi terhadap motivasi berprestasi guru sebesar 27,4%. 2) kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi terhadap motivasi berprestasi guru sebesar 44,4%. 3) komunikasi interpesonal dan Kepemimpinan kepala sekolah secara bersama sama berkontribusi terhadap motivasi berprestasi guru sebesar 54,6%. Bedasarkan hasil analisis deskriptif terlihat bahwa komunikasi interpesonal berada pada kategori baik, Kepemimpinan kepala sekolah berada pada kategori baik dan motivasi berprestasi guru juga berada pada kategori baik. Komunikasi interpesonal dan Kepemimpinan kepala sekolah adalah dua faktor penting yang berkontribusi terhadap motivasi berprestasi guru di samping faktor-faktor lain yang tidak bisa diabaikan yang juga berkontribusi terhadap motivasi berprestasi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman Provinsi Sumatera Barat yang belum dikaji dalam penelitian ini.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Komunikasi interpersonal, Motivasi berprestasi |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 03:05 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 03:05 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30113 |
