Peningkatan Pembelajaran Keterampilan Berbicara Melalui Teknik Debat Siswa Kelas XII IPA 1 SMA Negeri 7 Padangsidimpuan

Rangkuti, Suryani Irma (2012) Peningkatan Pembelajaran Keterampilan Berbicara Melalui Teknik Debat Siswa Kelas XII IPA 1 SMA Negeri 7 Padangsidimpuan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_SAIBATUL_ASLAMIAH_19260_5354_2012.pdf] Text
final_2_SAIBATUL_ASLAMIAH_19260_5354_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang rendahny akemampuan siswa kelas VI dalam keterampilan berbicara. Hal ini terlihat pada nilai ujian semester II yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 70. Diduga hal ini disebabkan oleh berbagai faktor. Faktor tersebut diantaranya adalah teknik pembelajaran yang digunakan belum dapat memotivasi siswa terampil berbicara dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menjelaskan proses peningkatan keterampilan berbicara siswa SD kelas VI Negeri Nomor 100990 Muaratais dengan menggunakan Teknik Media Gambar Berseri. (2) untuk menjelaskan peningkatan hasil keterampilan berbicara siswa SD kelas VI Negeri Nomor 100990 Muaratais dengan menggunakan Teknik Media Gambar Berseri. (3) untuk menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya peningkatan keterampilan berbicara siswa SD kelas VI Negeri Nomor 100990 Muaratais dengan menggunakan Teknik Media Gambar Berseri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas cenderung menggunakan penelitian kualitatif dan didukung dengan data kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Setiap siklus terdiri atas tiga kali pertemuan yang berkolaborasi dengan guru bahasa Indonesia di sekolah yang sama. Subjek penelitian siswa kelas VI SD Negeri Nomor 100990 Muaratais tahun pelajaran 2011/- 2012 yang berjumlah 48 orang. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Media Gambar Berseri dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia. Faktor yang menyebabkan peningkatan keterampilan berbicara siswa adalah: 1) Media Gambar Berseri dapat memotivasi siswa berbicara dalam pembelajaran bahasa Indonesia. 2) Media Gambar Berseri dapat menumbuhkan rasa percaya diri siswauntukberbicaradalampembelajaranbahasa Indonesia. 3) Media GambarBerserimenyediakankesempatanbagisiswauntukberbicaradalampembelajaranb ahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Keteranpilan, Berbicara, Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 24 Nov 2025 02:59
Last Modified: 24 Nov 2025 02:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30096

Actions (login required)

View Item
View Item