Pengembangan Buku Teks IPA Terpadu SMP/MTs Tema Gunung Meletus dengan Tipe Fragmented Berbasis Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kesiapsiagaan Peserta Didik

Rahmawati, Rahmawati (2018) Pengembangan Buku Teks IPA Terpadu SMP/MTs Tema Gunung Meletus dengan Tipe Fragmented Berbasis Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kesiapsiagaan Peserta Didik. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_03_RAHMAWATI_16175047_4617_2018.pdf] Text
final_03_RAHMAWATI_16175047_4617_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Buku teks IPA yang berlaku di Indonesia saat ini dikembangkan berdasarkan Kurikulum 2013. Namun, buku teks IPA yang diterbitkan belum sesuai dengan tuntutan kurikulum yang berlaku yaitu adanya pengintegrasian muatan lokal ke dalam buku teks IPA. Muatan lokal berkaitan dengan potensi yang dapat terjadi di Indonesia, salah satunya adalah bencana gunung meletus. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku teks IPA terpadu SMP tema gunung meletus dengan tipe fragmented berbasis creative problem solving untuk meningkatkan kesiapsiagaan peserta didik dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap investigasi awal, tahap pengembangan, dan tahap penilaian. Instrumen yang digunakan adalah angket, lembar analisis materi, lembar analisis SWOT, lembar validitas, lembar praktikalitas, lembar tes, dan lembar penilaian diri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif, uji n-gain, dan uji effect size. Hasil analisis kebutuhan dan konteks mendeskripsikan bahwa perlu dilakukan pengembangan buku teks IPA. Hasil uji validitas menyatakan bahwa buku teks telah valid dari segi isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan. Hasil uji praktikalitas menunjukkan bahwa buku teks praktis digunakan dalam pembelajaran. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa buku teks efektif meningkatkan kesiapsiagaan peserta didik. Dengan demikian, pengembangan buku teks IPA terpadu SMP/MTs tema gunung meletus tipe fragmented berbasis creative problem solving untuk meningkatkan kesiapsiagaan peserta didik telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: buku teks IPA, gunung meletus, tipe fragmented, model creative problem solving, kesiapsiagaan
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 24 Nov 2025 02:58
Last Modified: 24 Nov 2025 02:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30092

Actions (login required)

View Item
View Item