Rahman, Abdul (2020) Pengembangan Mini Book untuk Mahasiswa dalam Kronologs Peristiwa Sejarah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Full text not available from this repository.Abstract
Permasalahan yang terdapat pada penelitian ini adalah siswa kurang pandai
dalam mengurutkan sebuah peristiwa sejarah atau kronologis peristiwa sejarah
dalam pembelajaran sejarah. Hal ini dikarenakan materi yang terlalu banyak
sehinggah siswa malas membaca. Melihat kasus yang demikian maka dibuatlah
bahan ajar untuk membimbing siswa dalam mengurutkan sebuah peristiwa
sejarah/kronologis dalam pembelajaran.
Tujuan dari penelitian ini untuk
mengetahui cara mengembangakan Mini Book serta melihat kelayakan Mini Book
untuk membimbing siswa dalam kronologis peristiwa sejarah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan
pengembangan atau Research and Developmet (R & D), dengan menggunakan
prosedur ADDIE yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan atau
development. implementasi serta evaluasi, karna keterbatasan produk penelitian
ini hanya sampai pada tahap pengembangan/Development, objek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 3 Pariaman yang materinya mengenai
kerajaan Islam. Dalam penelitian ini untuk mendapatkan penilaian terhadap
produk yang dilihat dari materi dan Mini Book dinilai oleh 2 validator yakni ahli
materi serta ahli bahan ajar, hal ini dilakukan untuk melihat isi dari Mini Book
yang ingin dikembangankan serta mengetahui kelayakan dari Mini Book yang
akan digunakan dalam pembelajaran sejarah.
Penilaian produk menggunakan angket yang diukur dengan menggunakan
Skala Likert, ukuran dari positif dengan skor 4 kategorinya sangat layak, dan
negative dengan skor 1 kategorinya sangat tidak layak. Penelitian ini pada tahap
desainya berhubungan dengan perancangan/pembuatan Mini Book beserta dengan
cara penggunaan tabel kronologis.
Hasil dari penelitian menjelaskan bahwasannya : materi yang disajikan pada
Mini Book mendapatkan nilai rata-rata 3,70 dengan kategori sangat layak dan
mendapatkan persentase sebesar 92,64 % yang kategorinya sangat layak.
Sedangkan Mini Book sebagai bahan ajar mendapatkan nilai rata-rata 3,68 dengan
kategori sangat layak dan persentasenya sebesar 92,18 % yang kategorinya sangat
layak. Dari penjelasan diatas maka dapat dikatakan Mini Book tepat digunakan
untuk membimbing siswa dalam kronologis peristiwa sejarah pada pembelajaran
sejarah.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Sejarah, Kronologis, Bahan Ajar, Mini Book. |
| Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 02:54 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 02:55 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30075 |
