Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Puzzle Huruf bagi Siswa dengan Hambatan Pendengaran.

Husna, Bunga Syaidatul (2019) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Puzzle Huruf bagi Siswa dengan Hambatan Pendengaran. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_02_BUNGA_SYAIDATUL_HUSNA_15009150_5266_2019.pdf] Text
final_B1_02_BUNGA_SYAIDATUL_HUSNA_15009150_5266_2019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitain ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLB Air Randah, pada siswa dengan hambatan pendengaran yang belum bisa mengenal huruf. Penelitian ini membahas tentang meningkatkan kemampuan mengenal huruf siswa dengan hambatan pendengaran.Tujuan dari penelitian yaitu membuktikan apakah dengan media Puzzle huruf dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenal huruf. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan tiap siklusnya, setiap akhir pembelajaran diberikan evaluasi. Penelitian ini menemukan dengan Puzzle huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf siswa hambatan pendengaran. Hasil akhir penelitian yaitu siswa K dan juga siswa A dalam mengenal huruf sudah menunjukkan hasil yang bagus, menunjukkan huruf vokal sudah menunjukkan hasil yang bagus, menunjukkan huruf konsonan sudah menunjukkan hasil yang bagus. Jadi terbukti dengan media Puzzle huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf siswa dengan hambatan pendengaran. Disaran bagi guru untuk dapat mencobakan dalam pengenalan huruf pada siswa dengan menggunakan Puzzle huruf, karena dalam penelitian ini terbukti dengan Puzzle huruf dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mengenal huruf, Media Puzzle huruf, siswa Hambatan Pendengaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 24 Nov 2025 02:52
Last Modified: 24 Nov 2025 02:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30071

Actions (login required)

View Item
View Item