Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Perencanaan Arah Karir Siswa: Studi pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Padang

Zulfikar, Zulfikar (2013) Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Perencanaan Arah Karir Siswa: Studi pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_ZULFIKAR_19138_651_2013.pdf] Text
final_1_ZULFIKAR_19138_651_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bimbingan karir merupakan salah satu bidang bimbingan dan konseling yang bertujuan agar siswa mengenal, memahami, dan mengarahkan perencanaan arah karir untuk memasuki jenis pekerjaan tertentu. Kesesuaian pekerjaan dengan keadaan dirinya diyakini akan membawa mereka untuk dapat menjalani kehidupan secara lebih baik di masa depan. Hal ini bisa didapat dalam pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah. Dalam pelaksanaan layanan ini peran guru BK sangat diperlukan dalam mengarahkan siswa untuk perencanaan arah karir kedepan. Disisi lain siswa belum bisa merencanakan arah karirnya yang tepat sesuai dengan potensi, bakat, minat, dan prestasi yang dimilikinya. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru BK dan perencanaan arah karir siswa. Penelitian juga berupaya untuk menguji hubungan antara peran guru BK dalam perencanaan arah karir siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif. Penelitian dilakukan terhadap siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Padang Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan jumlah populasi sebanyak 763 siswa. Jumlah sampel penelitian sebanyak 263 siswa dan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup dengan mengunakan model skala Likert. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik persentase dan untuk menguji hubungan antara kedua variabel digunakan teknik analisis data korelasi pearson (Product Moment Correlation). Temuan penelitian menjelaskan bahwa: (1) Peran guru BK dalam perencanaan arah karir siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang ada, sudah berjalan dan dilaksanakan, namun belum berjalan dan terlaksana dengan maksimal, (2) Perencanaan arah karir siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang sesuai, namun belum terarah dan terencana dengan baik dan (3) Terdapat hubungan antara peran guru BK dalam perencanaan arah karir siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang. Dengan demikian, peran Guru BK memiliki kontribusi terhadap perencanaan arah karir siswa. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada Guru BK agar lebih meningkatkan perannya dalam membantu siswa dan hendaknya dapat membuat serta melaksanakan program bimbingan karir yang berhubungan dengan perencanaan arah karir siswa. kepada siswa agar lebih merencanakan dan memfokuskan arah karirnya serta lebih aktif lagi berdiskusi dengan guru BK. Kepada pihak-pihak terkait lainnya hendaknya menyelenggarakan pertemuan dan kegiatan ilmiah yang membahas upaya guru BK untuk membantu siswa dalam perencanaan arah karirnya. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar dalam penelitian lanjutan dengan variabel-variabel dan subjek penelitian yang lebih luas

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Guru, Bimbingan dan Konseling, Perencanaan Arah Karir
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 24 Nov 2025 02:52
Last Modified: 24 Nov 2025 02:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30068

Actions (login required)

View Item
View Item