Peningkatan Keterampilan Membaca Teknis Puisi Melalui Pembelajaran Kooperatif Model CIRC Siswa Kelas VII.I SMP Angkasa Lanud Padang

Safwan, Safwan (2011) Peningkatan Keterampilan Membaca Teknis Puisi Melalui Pembelajaran Kooperatif Model CIRC Siswa Kelas VII.I SMP Angkasa Lanud Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_SAFWAN_51437_3033_2012.pdf] Text
final_2_SAFWAN_51437_3033_2012.pdf

Download (76kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses peningkatan keterampilan membaca teknis puisi siswa, berawal dari masalah rendahnya keterampilan membaca teknis puisi siswa. Masalah ini terlihat pada nilai harian siswa yang berada di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) sehingga pembelajaran membaca teknis puisi siswa belum berjalan sebagaimana yang diharapkan. keberhasilan membaca teknis puisi siswa diukur berdasarkan indikator membaca teknis puisi dan menjelaskan faktor penunjang dan penghambat dalam peningkatan keterampilan membaca teknis puisi siswa kelas VII.1 SMP Angkasa Lanud Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Data kualitatif dikumpulkan melalui pengamatan dan catatan lapangan, sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui tes unjuk kerja siswa. Data tersebut dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif berdasarkan prosedur yang telah ditetapkan. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VII.1 SMP Angkasa Lanud Padang yang berjumlah 40 orang. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa siswa kelas VII.1 SMP Angkasa Lanud Padang mampu meningkatkan proses keterampilan membaca teknis belajar membaca teknis puisi, suasana pembelajaran menyenangkan, dan meningkat aktivitas siswa dalam belajar, sehingga pada akhirnya mampu meningkatkan keterampilan membaca teknis puisi siswa. Peningkatan terlihat pada siklus I dan siklus II, dengan persentase nilai rata-rata siswa 59,48 menjadi 64,03 pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 97,05. di samping itu, ada beberapa faktor penunjang dalam penelitian ini yang meliputi lokasi sekolah yang strategis, sarana sekolah, partisipasi kolaborator, motivasi dan tindakan yang dilakukan oleh guru. Penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif model (CIRC) dapat meningkatkan keterampilan membaca teknis puisi siswa di kelas VII.I SMP Angkasa Lanud Padang.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Membaca, Teknis, Pembelajaran, Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 24 Nov 2025 02:51
Last Modified: 24 Nov 2025 02:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30066

Actions (login required)

View Item
View Item