Adriani, Yelva (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada Materi Indera Pendengaran dan Sistem Sonar pada Makhluk Hidup. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_03_YELVA_ADRIANI_1204203_5851_2018.pdf
Download (564kB)
Abstract
Pengembangan perangkat pembelajaran merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh guru pada setiap satuan pendidikan agar dapat melibatkan peserta didik secara aktif, serta melatih peserta didik memiliki sikap ilmiah dan terjalinnya kerjasama yang baik antar sesama peserta didik. Salah satu perangkat yang dapat mendukung tujuan tersebut adalah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Perangkat Pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Tahap pendefinisian dilakukan analisis kurikulum, analisis siswa, analisis materi, dan analisis tugas. Tahap perancangan dilakukan perancangan perangkat pembelajaran berupa RPP, Handout, LKS, dan Penilaian. Tahap pengembangan dilakukan uji validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Data penelitian uji validitas diperoleh melalui lembar validasi perangkat pembelajaran. Data uji praktikalitas diperoleh dari lembar observasi keterlaksanaan RPP dan angket respon guru dan siswa, data uji efektivitas diperoleh dari penilaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Tahap penyebaran dilakukan uji efektivitas, datanya diperoleh dari penilaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa. Hasil penelitian tahap pendefinisian berdasarkan analisis kurikulum diperoleh KI 1,2,3,4 dan KD 1.1, 2.1, 2.2, 3.10, dan 4.10, analisis siswa diperoleh bahwa 66,67% siswa tidak menguasai materi, dan sebagian besar siswa lebih senang belajar dalam kelompok. Analisis materi diperoleh fakta, konsep, prinsip, dan prosedur dari materi Indera Pendengaran Dan Sistem Sonar Pada Makhluk Hidup. Hasil penelitian pada tahap perancangan diperoleh RPP, Handout, LKS, dan penilaian materi Indera Pendengaran Dan Sistem Sonar Pada Makhluk Hidup dengan mengikuti langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Hasil panelitian pada tahap pengembangan, pada uji validitas diperoleh persentase rata-rata RPP 92,4%, rata-rata handout 91,2%, rata-rata LKS 93,4%, dan rata-rata penilaian 94,4%. Hasil uji praktikalitas diperoleh persentase rata-rata keterlaksanaan RPP adalah 93,74%, rata-rata angket respon guru 90,51%, dan rata-rata angket respon siswa 86,17%. Hasil dari uji efektifitas diperoleh dari penilaian kompetensi sikap dengan rata-rata 88,54%, rata-rata kompetensi pengetahuan 87,17%, rata-rata kompetensi keterampilan 89,59%. Hasil panelitian pada tahap penyebaran diperoleh penilaian kompetensi sikap dengan rata-rata 86,3%, rata-rata kompetensi pengetahuan 84 %, rata-rata kompetensi keterampilan 84,2%.Penelitian menunjukkan bahwa Perangkat Pembelajaran IPA menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Materi Indera Pendengaran dan Sistem Sonar Pada Makhluk Hidup berada dalam kategori valid, praktis, dan efektif sehingga layak diterapkan pada proses pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Perangkat Pembelajaran |
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Fisika-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 02:45 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 02:46 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30052 |
