Rosyidah, Rosyidah (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Melalui Teknik Tiru Model Siswa Kelas III SD Negeri 200208 Padangsidimpuan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_2_ROSYIDAH_19258_1212_2013.pdf
Download (954kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan proses peningkatan keterampilan menulis cerita dan mendeskripsikan hasil peningkatan keterampilan menulis cerita melalui teknik tiru model. subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD Negeri 200208 Padangsidimpuan yang terdaftar pada tahun 2011/2012 Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri atas dua kali tatap muka. Data penelitian ini adalah tindakan guru dalam pembelajaran, materi pembelajaran, aktivitas peserta didik dalam pembelajaran, dan hasil pembelajaran peserta didik dalam menulis cerita. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, catatan lapangan, angket, dan tes unjuk kerja. Data kualitatif dianalisis secara analisis deskriptif menurut model Miles dan Hubberman. Data kuantitatif berupa hasil tes peserta didik dalam menulis cerita dengan statistic deskriptif. Berdasarkan analisis data penelitian, disimpulkan bahwa melalui teknik tiru model, proses peningkatan keterampilan menulis cerita siswa kelas III SD Negeri 200208 Padangsidimpuan mengalami peningkatan. Siswa lebih antusias dan lebih bersemangat dalam memberi pembelajaran menulis cerita. Karangan siswa lebih berkualitas dari segi penggunaan alur, penggambaran tokoh dan penokohan, pendeskripsian latar, penggunaan gaya bahasa, penggunaan sudut pandang, tema cerita, dan kepaduan unsure-unsur pembangun cerita. Hasil yang diperoleh siswa semakin meningkat setelah dilakukan tes unjuk kerja. Hasil rata-rata tes menulis cerita prasiklus sebesar 63,8 dan pada siklus I diperoleh hasil rata-rata sebesar 70,9 kemudian pada siklus dua diperoleh hasil rata-rata sebesar 75,9. Perolehan hasil rata-rata nilai tes menulis cerita ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis cerita melalui teknik tiru model pada siswa kelas III SD Negeri 200208 Padangsidimpuan dapat meningkat dan berhasil.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Menulis, Cerita, Tiru, Model, Siswa |
| Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 02:42 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 02:42 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30032 |
