Nisja, Indriani (2010) Peningkatan Keterampilan Berbicara Murid TK B2 Raudatul Athfal Koto Tangah Padang dengan Menggunakan Teknik Bermain Peran. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_2_INDRIANI_NISJA_10826_3956_2012.pdf
Download (122kB)
Abstract
Keterampilan berbicara adalah salah satu di antara empat keterampilan berbahasa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang mulai diajarkan kepada murid TK yang berada pada tahap pemerolehan bahasa. Berdasarkan hasil observasi ditemukan keterampilan berbicara murid TK B2 Raudhatul Athfal masih rendah karena murid TK belum mampu memberikan tanggapan dan menceritakan kembali cerita dongeng yang didengar. Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan tersebut yakni, rendahnya keterampilan berbicara murid dalam memberikan tanggapan dan menceritakan kembali cerita yang didengarkan. Hal ini ditandai dengan hasil tes unjuk kerja murid TK B2 Raudhatul Athfal Koto Tangah Padang berada di bawah kriteria nilai ketuntasan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan proses peningkatan keterampilan berbicara murid TK B2 Raudhatul Athfal Koto Tangah Padang dengan menggunakan teknik bermain peran. Subjek penelitian ini adalah murid TK B2 Raudhatul Athfal Koto Tangah Padang yang berjumlah 34 orang, terdiri dari 18 orang perempuan dan 16 orang laki-laki. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yang berlangsung 19 Maret siklus 1 sampai dengan 12 April untuk siklus 2. Teknik analisis data yang dipergunakan berdasarkan data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi dan catatan lapangan, sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui tes unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara murid TK B2 dengan menggunakan teknik bermain peran. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari beberapa indikator keterampilan berbicara. Murid yang memperoleh nilai tuntas pada prasiklus berjumlah 10 orang. Setelah mendapatkan tindakan kelas pada siklus 1 dan siklus 2 jumlah murid yang mendapatkan nilai tuntas mengalami peningkatan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara murid TK B2 Raudhatul Athfal Koto Tangah Padang.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Berbicara; Bermain Peran |
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PZ Children's literature |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 02:41 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 02:41 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30016 |
