Kontribusi Penguasaan Kosakata dan Kemampuan Membaca Pemahaman terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Swasta Bukittinggi

Mulyadi, Mulyadi (2015) Kontribusi Penguasaan Kosakata dan Kemampuan Membaca Pemahaman terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Swasta Bukittinggi. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_MULYADI_1204027_1409_2015.pdf] Text
final_2_MULYADI_1204027_1409_2015.pdf

Download (450kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan besarnya (1) kontribusi penguasaan kosakata terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa SMA swasta kota Bukittinggi, (2) kontribusi kemampuan membaca pemahaman terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa SMA swasta kota Bukittinggi, (3) kontribusi penguasaan kosakata dan kemampuan membaca pemahaman secara bersama sama terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa SMA swasta kota Bukittinggi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.Dalam penelitian ini dideskripsikan kontribusi penguasaan kosakata terhadap hasil belajar, dan kontribusi penguasaan kosakata dan membaca pemahaman secara bersama-sama terhadap hasil belajar.Populasi penelitian ini adalah siswa yang bersekolah di SMA swasta di Kota Bukittinggi berjumlah 408 orang.Sampel sebanyak 82 orang diambil dengan menggunakan teknik proportional random sampling.Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes yang telah diuji kesahihan dan kehandalannya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Penguasaan kosakata berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar bahasa Indonesia sebesar 27,7%, (2) Kemampuan membaca pemahaman berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar bahasa Indonesia sebesar 30,4%, dan (3) Penguasaan kosakata dan kemampuan membaca pemahaman secara bersama-sama berkontribusi terhadap hasil belajar bahasa Indonesia sebesar 48,5%. dapat diiketahui bahwa penguasaan kosakata dan kemampuan membaca pemahaman berkontribusi secara sangat signifikan dan prediktif terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Hal ini berarti, semakin meningkat penguasaan kosakata dan kemampuan membaca pemahaman maka semakin meningkat hasil belajar bahasa Indonesia. Baik dilakukan secara parsial maupun secara bersama, dan begitu juga sebaliknya jika penguasaan kosakata menurun dan kemampuan membaca pemahaman kurang baik maka akan menyebabkan menurunnya hasil belajar bahasa Indonesia. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penguasaan kosakata dan membaca pemahaman siswa kelas XI SMA swasta Bukittinggi memberikan kontribusi terhadap hasil belajar secara signifikan. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa semakin baik kedua faktor ini maka semakin baik hasil belajar bahasa Indonesia siswa. Dengan demikian, perlu peningkatan secara bersama penguasaan kosakata dan kemampuan membaca pemahaman supaya hasil belajar bahasa Indonesia siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Swasta Bukittinggi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 24 Nov 2025 02:39
Last Modified: 24 Nov 2025 02:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30014

Actions (login required)

View Item
View Item