Ferdina, Rani (2014) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_RANI_FERDINA_54465_1271_2014.pdf
Download (507kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh empat permasalahan berikut. Pertama,
siswa kelas IX SMP Negeri 4 padang belum terampil menulis cerpen dengan baik.
Kedua, siswa masih kesulitan menuangkan ide dan gagasan dalam menulis
cerpen.. Keiiga, kurang menariknya model pembelajaran yang digunakan pada
saat pembelajaran.
Pertama, mendeskripsikan pengaruh sebelum dan sesudah penggunaan
model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition)
terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 4 Padang.
Kedua, menganalisis perbedaan pengaruh sebelum dan sesudah penggunaan
model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition)
terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 4 Padang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa
kelas IX SMP Negeri 4 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2013/2014
sebanyak 200 siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 25 orang, diambil
dengan teknik Purposive Sampling.
Data penelitian ini adalah nilai keterampilan menulis cerpen siswa kelas
IX SMP Negeri 4 Padang. Data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase,
rumus rata-rata hitung, uji Lilliefors untuk uji normalitas dan homogenitas data,
dan uji-t untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran terhadap
keterampian menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 4 Padang.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai
berikut. Pertama, keterampilan menulis cerpen menggunakan model pembelajaran
CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) siswa kelas IX SMP
Negeri 4 Padang berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata 79,1. Kedua,
keterampilan menulis cerpen sebelum menggunakan model pembelajaran CIRC
(Cooperative Integrated Reading and Composition) siswa kelas IX SMP Negeri 4
Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai rata-rata 59,8.
Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan terhadap model CIRC (Cooperative Integrated Reading and
Composition) dalam pembelajaran keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX
SMP Negei 4 Padang karena nilai thitung > ttabel (14,08 > 1,68). Jadi, disimpulkan
bahwa keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 4 Padang sesudah
menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and
Composition) lebih baik daripada sebelum menggunakan model pembelajaran
CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 02:27 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 02:27 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30010 |
