Students’ Experience in Using Lesson Study in Microteaching Class at English Department of Universitas Negeri Padang

Wahyuni, Putri (2020) Students’ Experience in Using Lesson Study in Microteaching Class at English Department of Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_03_PUTRI_WAHYUNI_16018061_1811_2021.pdf] Text
final_03_PUTRI_WAHYUNI_16018061_1811_2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Lesson Study adalah sistem peningkatan pembelajaran yang berasal dari Jepang. Ini adalah inovasi baru dalam kelas Microteaching untuk membantu siswa bekerja secara kolaboratif di Jurusan Bahasa Inggris UNP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengalaman siswa dalam menggunakan Lesson Study di kelas Microteaching. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa tahun ketiga Jurusan Bahasa Inggris Universitas Negeri Padang. Sampel berjumlah 70 siswa yang diambil melalui purposive sampling. Instrumen penelitian berupa angket dan wawancara untuk mendukung data. Kuesioner terdiri dari 54 pertanyaan dan dibagi menjadi empat tahap; Rencana, Pengamatan, Refleksi, dan Manfaat. Pengalaman siswa dalam menggunakan Lesson Study dikategorikan menjadi pengalaman negatif, sedang, dan positif. Untuk mendukung data instrumen peneliti membuat deskripsi dari beberapa wawancara. Hasilnya menunjukkan bahwa pengalaman siswa dalam menggunakan Lesson Study merupakan pengalaman yang positif. Fakta ini didukung oleh nilai rata-rata siswa adalah 3,76 yang menunjukkan pengalaman yang positif. Kesulitan yang dirasakan siswa ada pada tahap observasi, dan tahap yang paling membantu adalah tahap refleksi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Experience, Lesson Study, Microteaching
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Inggris-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 24 Nov 2025 02:26
Last Modified: 24 Nov 2025 02:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29990

Actions (login required)

View Item
View Item