Sari, Desi Mutiara (2018) Pengaruh Model Pembelajran Tipe Aktif Giving Question and Getting Answer terhadap Hasil Belajar Sejarah Kelas XI SMA Negeri 3 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_02_DESI_MUTIARA_SARI_1201716_2018.pdf
Download (774kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Sejarah dengan mennggunakan Model Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer pada siswa kelas XI di SMAN 3 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, denga ndesain The Static Group Comparison Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 3 Pariaman yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes hasil belajar. Hipotesis penelitian diuji dengan uji t-test pada taraf nyata 0,05 dan dk = 60. Sebelum menggunakan uji t-test, dilakukan uji prasyarat anlisis data meliputi uji Normalitas dan uji Homogenitas. Penelitian ini menemukan bahwa kelas yang menggunakan model pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer memiliki rata-rata hasil belajar 79,45 dan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional memiliki rata-rata hasil belajar 70,54. Dari hasil uji beda rerata diperoleh bahwa harga thitung sebesar 3,249> ttabel sebesar 1,671 pada taraf signifikan 5%.Dengan demikian hipotesis kerja (H1) dapat diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar Sejarah siswa yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer, |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 02:21 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 02:21 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29984 |
